Siri Tampilkan Gambar Penis saat Ditanya soal Donald Trump

Kompas.com - 23/11/2018, 15:09 WIB
Alih-alih menampilkan foto diri Donald Trump, Siri malah menampilkan gambar penis saat digunakan untuk mencari informasi soal Donald Trump. Gizmodo Alih-alih menampilkan foto diri Donald Trump, Siri malah menampilkan gambar penis saat digunakan untuk mencari informasi soal Donald Trump.

KOMPAS.com - Asisten digital kepunyaan Apple, Siri sejatinya dibuat untuk membantu para pengguna perangkat Apple dalam mencari informasi di internet dengan mudah dan tepat. Asisten digital ini dibekali teknologi kecerdasan buatan guna menampilkan informasi yang akurat.

Namun meski begitu, asisten digital ini tak jarang melakukan kesalahan. Kali ini Siri kembali disalahgunakan untuk bahan guyonan, dan giliran Presiden Amerika Serikat, Donald Trump yang menjadi korban.

Alih-alih menampilkan foto wajah Donald Trump saat ditanya siapa Presiden AS, Siri malah menampilkan foto lain yang salah. Foto yang ditampilkan berupa gambar penis (kemaluan pria) yang disertai data diri lengkap Donald Trump.

Kesalahan tersebut tentu saja membuat ramai ranah maya. Tak butuh waktu lama, netizen pun ramai-ramai mengunggah screenshot dari informasi yang salah ini di linimasa Twitter.

Baca juga: Trump Tuding Hasil Pencarian Google Dimanipulasi

Kesalahan tersebut pertama kali diketahui oleh The Verge, Jumat (23/11/2018). Dalam laporannya, The Verge menduga bahwa ada orang tak bertanggung jawab yang mengganti gambar wajah Donald Trump pada halaman Wikipedia, sehingga berimbas pada hasil pencarian Siri.

Dugaan tersebut dibenarkan oleh seorang moderator Wikipedia. Ia mengatakan bahwa memang benar ada orang tak bertanggunjawab yang mengganti informasi di halaman Wikipedia Donald Trump, dan jumlah pelakunya diketahui lebih dari satu orang.

"Mereka kini telah diblokir dengan jangka waktu yang tak terbatas," ungkap salah satu moderator Wikipedia.

Dilansir KompasTekno, Jumat (23/11/2018), ini bukan pertama kalinya Siri menampilkan informasi yang salah. Beberapa bulan lalu Siri pernah menampilkan informasi yang mengatakan bahwa lagu "Despacito" adalah lagu kebangsaan negara Bulgaria.

Sementara bagi Donald Trump, ini juga bukan pertama kali dirinya dijadikan bahan guyonan di ranah maya. Pada 2017 lalu, para anggota forum Reddit pernah memanipulasi hasil pencarian Google dengan kata kunci "Idiot" dengan menampilkan foto Donald Trump.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber The Verge

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X