Kompas.com - 09/12/2018, 14:15 WIB
Ilustrasi Google SPENCER PLATT/AFPIlustrasi Google

KOMPAS.com - Bekerja di perusahaan raksasa sekelas Google pasti menjadi impian banyak orang. Tak mudah untuk diterima sebagai karyawan di raksasa teknologi itu.

Untuk lolos seleksi, memiliki keterampilan saja tak cukup. Perlu kiat-kiat khusus agar bisa mendapatkan pekerjaan bergengsi ini.

Google mengatakan, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menemukan posisi yang kita inginkan dan berusaha untuk mendapatkannya.

Kita bisa melakukan ini dengan berfokus pada resume. Soroti pencapaian kita dengan menjelaskan keterampilan dan pengalaman.

Google juga menyarankan kita untuk membuat surat lamaran dan riwayat kerja yang singkat. Setelah mengirimkan lamaran, perhatikan kualifikasi yang tercantum pada deskripsi pekerjaan.

Jika berhasil mencapai tahap wawancara, buanglah semua keraguan. Biasanya, Google menerima lebih dari tiga juta lamaran per tahun dan hanya 7.000 orang yang direkrut.

Jadi, kita harus siap berbicara dengan calon rekan atau manajer lewat wawancara telepon atau lewat video call.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada menit ke-30 hingga 60 sesi wawancara, pihak Google akan menanyakan perihal tingkah laku, hipotetis, atau pertanyaan mengenai suatu kasus.

Jika kita mengajukan lamaran pada posisi rekayasa perangkat lunak, prosesnya sedikit lebih ketat.

Posisi tersebut juga mengharuskan pelamar memiliki headset hands-free untuk digunakan saat wawancara . Mereka juga diminta menulis "sekitar 20-30 baris kode" dalam dokumen Google.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.