Trafik 3 Operator Seluler Melonjak Saat Libur Natal dan Tahun Baru 2019

Kompas.com - 03/01/2019, 16:52 WIB
ilustrasi Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.comilustrasi

KOMPAS.com - Tiga operator seluler Indonesia, yakni XL Axiata, Telkomsel, dan Indosat Ooredoo, mencatat kenaikan trafik selama periode libur Natal dan Tahun Baru 2019.

Secara keseluruhan Layanan data mendominasi peningkatan trafik data dibanding layanan suara atau SMS yang justru bisa berbalik menurun.

Berikut ini penjabarannya, berdasarkan keterangan tertulis yang dikirim masing-masing operator seluler ke KompasTekno, Kamis (3/1/2018).

XL Axiata

Operator seluler XL Axiata mencatat kenaikan cukup signifikan dengan rata-rata kenaikan 83 persen dibanding penggunaan reguler. Persentasi mulai dihitung dari tanggal 23 Desember 2018 hingga 1 Januari 2019.

XL Axiata mencatat kenaikan tertinggi terjadi pada tanggal 23 Desember 2018 sebesar 40 persen dan pada tahun baru sebesar 83 persen. Akses layanan pesan instan melonjak hingga 540 persen dibanding hari-hari biasa.

Baca juga: Cara Facebook Jaga Server Messenger Agar Tidak "Jebol" di Malam Tahun Baru

Selain itu, SNS (social networking service) juga naik 125 persen, serta gaming yang naik 122 persen pada malam Natal.

XL mencatat beberapa daerah yang menyumbang kenaikan trafik data saat tahun baru, yakni Kabupaten Buleleng, Bali sebesar 211 persen, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, 140 persen dan Kota Medan 115 persen.

Semenatra saat Natal 24-25 Desember, peningkatan tertinggi ada di daerah yang di mana terdapat banyak umat Nasrani seperti Medan dengan kenaikan 35 persen, Manado 55 persen, dan Kupang 37 persen.

Tempat wisata juga mengalami kenaikan layanan data, seperti Pangandaran sebesar 91 persen, Bali 87 persen, Lombok 80 persen, dan Danau Toba 310 persen. Di labuhan Bajo, trafik data mencatat kenaikan hingga 165 persen.

Telkomsel

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X