Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/01/2019, 12:15 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika resmi menghentikan layanan PT Internux (Bolt) pada frekuensi 2,3 GHz, 28 Desember 2018 lalu.

Meski layanan 4G LTE operator tersebut telah dihentikan, pengguna modem Bolt masih bisa menggunakan perangkat tersebut dengan kartu SIM operator lain.

Syaratnya, perangkat tersebut harus terlebih dahulu proses "unlock" alias pembukaan kunci SIM card

Di situs resminya, Bolt menjelaskan cara untuk melakukan unlock di sejumlah modem besutannya. Namun, tak semua tipe modem bisa langsung di-unlock.

Beberapa tipe modem dapat di-unlock dengan memakai software yang disediakan secara resmi oleh Bolt.

Baca juga: Bolt Resmi Setop Layanan Internet LTE Hari Ini

Sejumlah modem lain dibuka dengan software yang mesti dicari sendiri oleh pengguna, atau diistilahkan sebagai "open market" oleh Bolt. Sebagian lainnya ada yang sudah datang dalam keadaan unlocked.

Ada pula yang tak bisa di-unlock sama sekali, seperti modem jenisHelios (BL100) atau memiliki keterbatasan macam modem/router tipe Taurus yang hanya mendukung jaringan 4G LTE TDD milik operator seluler Smartfren.

Khusus untuk tipe modem yang bisa di-unlock sendiri oleh pengguna, Bolt menyediakan instruksi cara melakukannya berikut software yang diperlukan di tautan berikut ini.

Untuk modem yang bisa di otak-atik sendiri menggunakan software dari Bolt, operator seluler tersebut meminta pelanggan mengikuti petunjuk yang tersedia.

Sedangkan untuk software unlock yang tersedia di Open Market, pelanggan diharapkan untuk berhati-hati agar perangkat terhindar dari kerusakan.

Pantauan KompasTekno, Senin (7/1/2019), akun Twitter Bolt Care, turut menjelaskan bahwa proses unlock juga bisa dilakukan dengan mengunjungi gerai Bolt Zone yang tersebar di 28 titik.

Lokasi Bolt Zone bisa dilihat melalui tautan berikut. Sayangnya, tidak semua tipe modem Bolt bisa di-"unlock" di Bolt Zone.

Baca juga: Ini Daftar Modem Bolt yang Bisa Di-unlock

Sementara itu,  pelanggan Bolt pascabayar maupun prabayar bisa melakukan refund pulsa yang masih tersisa di 25 gerai Bolt di kawasan Jabodetabek dan lima gerai di Medan.

Baca juga: Sinyal Bolt Resmi Dimatikan, Pengguna Bisa Refund

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.