Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera iPhone XI, "Depan-Belakang" 10 Megapiksel?

Kompas.com - 19/01/2019, 07:28 WIB
Yudha Pratomo,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber MacRumors

KOMPAS.com - Meski masih jauh dari peluncuran, bocoran lini iPhone 2019 terus bermunculan. Setelah gambar rekaan memperlihatkan susunan tiga kamera belakang, kali ini giliran spesifikasi dari ketiga kamera tersebut bocor di ranah maya.

Informasi ini diungkapkan oleh pembocor ulung Steve Hemmerstoffer di Twitter. Lewat akun Twitternya, @OnLeaks, Steve mengungkap bahwa iPhone dengan tiga kamera tersebut adalah penerus dari iPhone XS Max.

Menurut Steve, salah satu kamera belakang akan memiliki sensor sebesar 10 megapiksel, sedangkan kamera kedua akan datang dengan 14 megapiksel. Sementara satu kamera lainnya belum diketahui dengan jelas spesifikasinya.

Sedangkan untuk kamera depan, kabarnya iPhone XI akan mengandalkan sensor sebesar 10 megapiksel. 

Detail dari sensor ketiga kamera ini juga tampaknya belum dapat diketahui. Namun jika dibandingkan, saat ini iPhone XS dan XS Max menggunakan dua kamera 12 megapiksel dengan satu kamera telefoto dan satu kamera lainnya memiliki sudut pengambilan gambar yang lebar.

Tak hanya itu, Steve juga menyebutkan lini iPhone XI ini kabarnya akan menggunakan layar OLED dengan bentang seluas 6,5 inci. Tetapi tentu saja hal ini belum dapat dipastikan kebenarannya karena baru sebatas rumor belaka.

Steve sendiri beberapa hari terakhir ini telah memberikan beberapa bocoran terkait lini iPhone 2019. Lewat akun Twitternya, Steve membagikan dua gambar rancangan iPhone XI dengan tiga kamera di bagian punggung, seperti dihimpun KompasTekno dari Macrumors, Sabtu (19/1/2019).

Baca juga: Penampakan Baru iPhone XI dengan Tiga Kamera Belakang

Gambar tersebut memperlihatkan dua bocoran susunan kamera belakang iPhone XI. Pada bocoran pertama, tiga kamera belakang terlihat disusun secara "zigzag". Sementara pada bocoran kedua, ketiga kamera tersebut disusun secara horisontal di bagian tengah.

Kendati demikian rancangan perangkat yang menjadi acuan gambar render ini kabarnya masih berada pada tahap Engineering Validation Test (EVT). Pada tahap ini dilakukan pengujian fungsi dasar sebuah produk untuk memeriksa apakah unit tersebut dapat berfungsi atau tidak.

Artinya, produksi iPhone XI ini masih berada pada tahap sangat awal dan masih ada kemungkinan terjadi perubahan besar dalam hal desain hingga hari peluncurannya.

Apple sendiri biasanya memperkenalkan iPhone terbaru pada kuartal ketiga tiap tahunnya. Artinya, kehadiran iPhone XI masih jauh hari dan masih bisa terjadi perubahan besar dari semua aspek maupun spesifikasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber MacRumors
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com