Pemenang Lomba Foto OnePlus Ketahuan Pakai Foto Curian

Kompas.com - 06/02/2019, 07:51 WIB
OnePlus 6T OnePlusOnePlus 6T
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Vendor ponsel China, OnePlus, beberapa waktu lalu mengadakan lomba foto World Photography Day dengan menggunakan kamera ponselnya. Pemenang kontes diumumkan pada September 2018.

Belakangan, Pemenang kompetisi foto OnePlus itu, Pratyush Yadav, ketahuan menggunakan foto hasil curian yang dijepret menggunakan kamera DSLR oleh orang yang berbeda.

Yadav dilaporkan menggunakan foto milik seorang fotografer bernama Aman Bhargava. Foto tersebut diambil pada tahun 2016 dan diungah di akun Instagram Bhargava pada Mei 2017.  

Bhargava mengklaim bahwa foto yang dilombakan Yadav pada kontes itu merupakan foto miliknya yang dijepret dengan kamera DSLR dengan sedikit modifikasi oleh Yadav.

Ki-Ka: Perbandingan foto pemenang kompetisi OnePlus (kiri) dan foto asli milik Aman Bhargava (kanan)Petapixel Ki-Ka: Perbandingan foto pemenang kompetisi OnePlus (kiri) dan foto asli milik Aman Bhargava (kanan)

Bhargava menyebut bahwa Yadav memotong (crop) foto miliknya. Jika dilihat-lihat, Yadav juga bisa jadi menambah tingkat kecerahan gambar lantaran pencahayaannya lebih terang dari foto asli milik Bhargava.

Tak terima fotonya dicuri, Bhargava pun meminta Yadav mengirim bukti file EXIF yang berisi informasi tentang parameter kamera saat pengambilan gambar, seperti kapan foto diambil dan perangkat apa yang menjepret foto tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah Bhargava menerima dan mengecek file tersebut, dia masih belum puas lantaran ada beberapa kejanggalan dalam file EXIF itu.

Bhargava menyebut bahwa detail foto Yadav, seperti bayangan, dedaunan, pohon, dan tone warna, identik dengan foto miliknya. Detail yang tertera pada file EXIF pun, menurut Bhargava, tak sesuai dengan kondisi foto.

Ilustrasi file EXIF kompetisi foto OnePlusPetapixel Ilustrasi file EXIF kompetisi foto OnePlus
"Pada detail dikatakan foto ini diambil jam 2 siang. Padahal, saya mengambil foto ini pada sore hari," ujar Bhargava.

Selain itu, ada satu keanehan lagi pada file EXIF di atas, yakni kesesuaian nama model "ONEPLUS A6000" dengan tanggal pengambilan gambar.

Baca juga: OnePlus 6 Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harganya

Halaman:


Sumber PetaPixel
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.