Spotify Revisi Batas Usia Pengguna di Indonesia

Kompas.com - 20/02/2019, 11:22 WIB
Ilustrasi Spotify Christian Hartmann / ReutersIlustrasi Spotify

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, Spotify telah memperbarui Persyaratan dan Ketentuan penggunanya. Salah satu yang menjadi sorotan adalah perubahan batas usia pengguna yang diterapkan layanan musik alir (streaming music) itu.

Di Indonesia, Spotify mewajibkan batas usia penggunanya di atas 21 tahun. Namun, kebijakan itu kini mendapat revisi. Batas pengguna Spotify di Indonesia berubah menjadi 21 tahun ke atas, atau 13 tahun ke atas asalkan memiliki izin orangtua atau wali.

Hal ini disampaikan langsung oleh Spotify Asia Head of Communication, Ben Chelliah melalui keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Rabu (20/2/2019).

"Dalam pembaruan terkini syarat dan ketentuan penggunaan Spotify, terdapat perubahan pada usia minimum pengguna Indonesia. Perubahan sebelumnya mengandung kesalahan dan kesalahan tersebut kini telah diperbaiki," jelasnya.

Baca juga: Spotify Naikkan Batas Usia Pengguna di Indonesia Jadi 21 Tahun

Dengan demikian, batas usia pengguna Spotify di Indonesia kini hampir sama dengan beberapa negara lain, seperti Honduras dan Taiwan.

Jika diamati, batas usia pengguna Spotify di sebagain besar negara adala 18 tahun ke atas atau 13 tahun ke atas dengan persetujuan orangtua atau wali.

Revisi batas pengguna Spotify di IndonesiaSpotify Revisi batas pengguna Spotify di Indonesia

Sayangnya, Spotify tidak menejelaskan bagaimana mekanisme persetujuan orangtua atau wali sebagaimana yang dimaksud. Selain menentukan batas pengguna, Spotify juga memperbarui kebijakannya terkait keterlibatan pihak ketiga. 

Kurang lebih, pembaruan tersebut menyerahkan wewenang penggunaan aplikasi pihak ketiga serta syarat dan ketentuan layanan yang berlaku di aplikasi atau perangkat tersebut, kepada pengguna Spotify.

Ben juga menekankan penggunaan aplikasi ilegal yang memblokir iklan untuk layanan non-premium, mengatakan bahwa tindakan tersebut tidak diperbolehkan.

"Kami telah memperbarui pedoman pengguna, membuatnya jelas bahwa pemblokir iklan, bot, dan mencurangi streaming, tidak diperkenankan," jelasnya.

Ketentuan terbaru ini akan resmi berlalu mulai 15 Maret 2019.  Perubahan kebijakan Spotify selengkapnya bisa dilihat di tautan berikut.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X