Oppo Klaim Bakal Jadi yang Pertama Rilis Ponsel 5G dengan Snapdragon 855

Kompas.com - 25/02/2019, 07:11 WIB
Henry Tang, Director of Standard Reserach Oppo , memperkenalkan ponsel 5G pertama Oppo di ajang Innovation Event di Barcelona, Spanyol, Sabtu (23/2/2019). OppoHenry Tang, Director of Standard Reserach Oppo , memperkenalkan ponsel 5G pertama Oppo di ajang Innovation Event di Barcelona, Spanyol, Sabtu (23/2/2019).

BARCELONA, KOMPAS.com - Selain Samsung dan Huawei, Oppo pun bergabung dalam jejeran vendor yang merilis ponsel 5G tahun ini.

Hal tersebut dimungkinkan modem X50 buatan Qualcomm. Untuk urusan performa, Oppo memercayakan pada chipset Snapdragon 855 yang paling unggul di pasaran saat ini.

Pabrikan China tersebut mengklaim ponselnya bakal jadi yang pertama memadankan jaringan 5G dengan Snapdragon 855.

Perlu dicatat, Samsung Galaxy S10 5G sejatinya juga mengandalkan Snapdragon 855 atau Exynos 9820, tergantung pasarnya. Klaim Oppo sebagai yang pertama tinggal melihat waktu ponsel tersedia di pasaran, apakah lebih duluan dari Galaxy S10 5G atau tidak.

"5G akan menjadi game changer di industri smartphone, Oppo sadar hal ini akan menjadi tren untuk masa kini dan mendatang," kata Vice President Oppo, Anyi Jiang, Sabtu (23/2/2019), di Barcelona, Spanyol.

Baca juga: Oppo Gelontrokan Rp 21 Triliun untuk Riset Tahun Ini

Oppo telah memulai riset ponsel 5G sejak 2015 lalu. Kemudian pada Desember 2018, Oppo membuat prototipe ponsel 5G dengan basis ponsel Find X.

Prototipe ponsel 5G Oppo yang dipamerkan di Barcelona, Spanyol, Sabtu (23/2/2019).KOMPAS.com/Reska K. Nistanto Prototipe ponsel 5G Oppo yang dipamerkan di Barcelona, Spanyol, Sabtu (23/2/2019).
Untuk mempercepat adopsi ponsel 5G, Oppo bekerja sama dengan empat operator seluler di dunia, seperti Swisscom di Swiss, Telstra dan Optus di Australia, dan Singtel di Singapura.

Ponsel 5G buatan Oppo belum diberi nama seri yang pasti. Oppo mengatakan ponsel tersebut telah mulai diproduksi massal, dan akan meluncur pada kuartal II-2019 (April - Juni).

5G akan menjadi highlight di industri smartphone dan telekomunikasi pada tahun ini, Teknologi jaringan dengan kecepatan transfer data 10 hingga 100 kali 4G itu digadang-gadang memiliki latensi rendah.

Untuk melihat aplikasi ponsel dan teknologi 5G dalam kehidupan sehari-hari, Oppo akan mendemosntrasikannya di booth pameran Mobile World Congress (MWC) 2019. Ikuti terus laporan KompasTekno dari Barcelona, Spanyol.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X