Android Q Sudah Bisa Dijajal, Ini Link Downloadnya

Kompas.com - 15/03/2019, 08:02 WIB
Ilustrasi Android P GoogleIlustrasi Android P

KOMPAS.com - Memasuki tahun 2019, Google tengah mempersiapkan sistem operasi Android versi baru yang akan dirilis tahun ini. Android Q edisi Beta 1 telah digelontorkan untuk diujicoba.

Sistem operasi ini dirilis untuk ponsel Pixel, Pixel XL, Pixel 2, Pixel 2 XL, Pixel 3, Pixel 3 XL dan Android Emulator. Ini adalah tahun keempat di mana Google merilis versi pratinjau untuk para pengembang.

Namun pratinjau pertama Android Q kali ini sedikit berbeda, yakni dapat diunduh melalui Over the Air (OTA).

Sementara versi pratinjau dari Android sebeleumnya, hanya dapat diunduh dan diinstal melalui cara manual. Pasalnya sistem operasi versi Beta ini memang hanya ditujukan untuk para pengembang.

Baca juga: Xiaomi Pastikan Pocophone F1 Dapat Update Android Q

Dalam Android Q versi Beta 1 ini Google membawa beberapa pembaruan fitur agar pengguna memiliki kontrol lebih luas pada perangkat yang digunakannya.

Seperti contohnya fitur Device Location untuk mengontrol akses aplikasi pada lokasi perangkat. Atau fitur Scoped Storage yang dapat digunakan untuk mengatur akses aplikasi pada dokumen-dokumen yang ada di dalam perangkat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Android Q Beta 1 juga dirancang untuk dapat digunakan pada perangkat Android dengan layar yang dapat dilipat. Dikutip KompasTekno dari Venture Beat, Jumat (15/3/2019), Android Q nantinya dapat dimaksimalkan untuk perangkat dengan layar yang lebih luas.

Android Q versi Beta 1 ini akan tersedia hingga April mendatang. Setelah itu sesuai jadwal, Google akan merilis versi Beta 2 hingga Beta 6 setiap bulan.

Google sendiri biasanya memperkenalkan Android versi barunya dalam gelaran Google I/O setiap pertengahan tahun. Kemudian sistem operasi tersebut akan dirilis pada kuartal ketiga (Q3) di tahun tersebut.

Untuk mencoba sistem operasi ini, Anda bisa mengunduhnya lewat tautan berikut ini. https://www.google.com/android/beta

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.