Menanti Android Q dan Pixel 3a di Google I/O 2019

Kompas.com - 06/05/2019, 20:42 WIB
Cetakan-cetakan batik cap aneka pola menghiasi logo Google di kantornya di Indonesia Oik Yusuf/Kompas.com Cetakan-cetakan batik cap aneka pola menghiasi logo Google di kantornya di Indonesia

KOMPAS.com - Google I/O merupakan sebuah ajang konferensi developer tahunan yang digelar olah Google di kompleks kantornya di kawasan Moutain View, Amerika Serikat.

Biasanya, Google I/O turut menjadi panggung perkenalan sistem operasi Android versi teranyar, berikut inovasi-inovasi terkini lainnya dari sang tuan rumah.

Nah, untuk tahun 2019 ini, KompasTekno kembali mendapat kesempatan untuk berkunjung langsung ke panggung Google I/O di Shoreline Amphitheater yang berdekatan dengan kantor Google di Mountain View.

Sejumlah hal baru kabarnya akan diperkenalkan dalam Google I/O 2019, mulai dari Android Q, ponsel Google Pixel 3a, hingga game streaming Stadia. Berikut ini daftarnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Cnet, Senin (6/5/2019).

Android Q

Google memang kerap memperkenalkan OS Android terbar dalam gelaran tahunan Google I/O. Untuk tahun 2019 ini, versi yang akan diperkenalkan adalah Android Q sebagai kelanjutan dari Android P alias "Pie" yang dirilis tahun lalu.

Baca juga: Google I/O 2019 Digelar Mei, Android Q Dikenalkan?

Belum diketahui apa julukan untuk Android Q. Biasanya OS Android disebut sesuai nama cemilan manis yang huruf awalnya sama dengan huruf di akhiran nama si sistem operasi, seperti "Pie" untuk Android "P" tadi.

Google Assistant

Selain Android Q, Google juga seringkali memperkenalkan fitur-fitur baru untuk Google Assistant dalam ajang I/O. Tahun lalu, Google merilis suara-suara baru pada Assistant, termasuk menyisipkan suara musisi John Legend.

Google Assistant dalam Bahasa Indonesia.Google Google Assistant dalam Bahasa Indonesia.
Ada pula fitur di mana Google Assistant mengharuskan anak-anak yang menggunakan layanannya untuk mengatakan "tolong" ketika memberikan perintah pada Assistant.

Selain itu, pada 2018 lalu Assistant juga mendapat sejumlah pembaruan yang membuatnya dapat berinteraksi selayaknya manusia biasa.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorOik Yusuf
SumberCNET
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X