Google: Ada 2,5 Miliar Perangkat Android yang Aktif Dipakai

Kompas.com - 08/05/2019, 13:31 WIB
Anda bisa menebak patung Android versi apa saja yang ada di foto ini?KOMPAS.com Anda bisa menebak patung Android versi apa saja yang ada di foto ini?

MOUNTAIN VIEW, KOMPAS.com - Seiring dengan terus bertambahnya usia sistem operasi Android di pasar smartphone dunia, jumlah pengguna Android juga kian bertambah.

Google mengklaim bahwa jumlah perangkat aktif dengan sistem operasi Android kini menembus lebih dari 2,5 miliar per bulan.

Hal tersebut diutarakan pihak Google dalam konferensi tahunan Google I/O yang digelar di Shoreline Amphitheater, Mountain View, Amerika Serikat.

Stephanie Cuthbertston, perwakilan pihak Google yang berbicara di atas panggung mengatakan angka tersebut merupakan tantangan besar yang berhasil dicapai oleh Google.

"Kita di sini hadir untuk membicarakan Android versi 10, dan kita juga dapat merayakan sejarah bersama. Hari ini tercatat ada lebih dari 2,5 miliar perangkat Android aktif setiap bulan dan ini adalah angka yang besar,” kata Stephanie.

Kendati demikian, Stephanie tidak menjelaskan lebih rinci dari mana angka tersebut berasal. Ia juga tak menyebutkan Android versi apa saja yang saat ini banyak digunakan oleh para pengguna.

Namun jika klaim ini benar adanya, angka tersebut sudah melampaui jumlah pengguna perangkat dengan sistem operasi iOS. Pada Januari lalu, Apple sempat mengklaim bahwa jumlah perangkat aktif iOS seluruhnya mencapai angka 1,4 miliar.

Di atas panggung, Stephanie juga meyakini bahwa angka tersebut akan terus bertambah seiring dengan diperkenalkannya Android Q tahun ini. Apalagi, Android Q akan membawa serangkaian fitur baru yang relevan dengan perkembangan teknologi smartphone saat ini.

Stephanie Cuthbertston, perwakilan pihak Google yang berbicara di atas panggung Google I/O 2019 mengatakan capaian 2,5 miliar perangkat Android merupakan tantangan besar yang berhasil dicapai oleh Google. YUDHA PRATOMO/KOMPAS.com Stephanie Cuthbertston, perwakilan pihak Google yang berbicara di atas panggung Google I/O 2019 mengatakan capaian 2,5 miliar perangkat Android merupakan tantangan besar yang berhasil dicapai oleh Google.

Baca juga: Android Q Resmi Dikenalkan, Ini Fitur-fiturnya

Contohnya adalah dukungan untuk ponsel layar tekuk hingga dukungan jaringan 5G. Ada pula serangkaian fitur baru yang dapat dipergunakan untuk mengoptimalkan penggunaan perangkat.

"Setelah 2,5 miliar, lalu apa yang akan datang? Adalah ponsel lipat dan 5G. Saat ini semua jenis ponsel lipat menggunakan sistem operasi Android dan Android Q akan mendukung optimasi perangkat ini," kata Stephanie.

"Juga 5G. Kini sudah ada lebih dari 20 operator yang mulai menggelar jaringan 5G," lanjutnya.

Stephanie juga mengatakan bahwa pada Android Q akan tersedia secara resmi pada akhir tahun 2019. Sampai saat ini, setidaknya ada 21 jenis perangkat yang akan kebagian Android versi terbaru ini.

Baca juga: Daftar Smartphone yang Akan Kebagian Android Q Tahun Ini

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X