Kompas.com - 10/06/2019, 11:04 WIB

KOMPAS.com - Beberapa masalah yang menerjang Huawei tak menghentikan dukungan pembaruan kepada konsumennya. Pasalnya, ponsel flagship Huawei P30 Pro baru saja mendapatkan update firmware teranyar.

Pembaruan dengan nomor 9.1.0.161 (C431E4AR2P2) ini secara garis besar membawa peningkatan sistem ponsel Huawei P30 Pro.

Peningkatan yang dimaksud adalah dari sisi kamera yang kini bakal bisa menghasilkan foto dengan warna yang lebih realistis.

Pembaruan yang besar file-nya316 MB ini juga bakal mengurangi detail kontras yang berlebih pada foto yang dijepret.

Baca juga: Ponsel Huawei Berikutnya Tidak Bisa WhatsApp, Facebook, dan Instagram

Dengan kata lain, foto yang dijepret dengan Huawei P30 Pro akan lebih ditingkatkan detail warna dan kontrasnya untuk menampilkan foto otentik atau mirip dengan aslinya.

Sebelumnya, Huawei disebut bermain dengan pemrosesan warna di perangkat lunak kamera P30 Pro, di mana detail warna serta mode HDR tampak diproses secara berlebihan pada hasil foto.

Untuk melihat perbedaannya, begini beberapa sampel foto sebelum dan sesudah Huawei P30 Pro diberbarui firmware-nya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari AndroidAuthority, Sabtu (8/6/2019).

Ilustrasi perbedaan hasil foto Huawei P30 Pro sebelum dan sesudah update firmwareAndroidAuthority Ilustrasi perbedaan hasil foto Huawei P30 Pro sebelum dan sesudah update firmware

Selain peningkatan software kamera, pembaruan ini juga membawa peningkatan sistem keamanan serta memperbaiki "bug" yang melanda perekaman video dengan kamera selfie.

Baca juga: Huawei Maimang 8 Meluncur dengan Kirin 710 dan RAM 6 GB

Pembaruan ini sendiri sudah bisa diunduh secara OTA melalui menu pengaturan di ponsel Huawei P30 Pro.

Bagi pemilik Huawei P30 Pro yang belum mendapatkan pembaruan ini agaknya harus sedikit bersabar. Sebab, biasanya pembaruan OTA memang digelontorkan secara bertahap ke beberapa region.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.