Kompas.com - 21/06/2019, 18:42 WIB

KOMPAS.com - Facebook dituduh oleh perusahaan fintech bank online, Current, lantaran menjiplak logo perusahannya.

Logo yang diduga dicontek adalah logo Calibra, layanan dompet digital yang nantinya bakal digunakan untuk menyimpan mata uang kripto besutan Facebook, Libra, yang baru saja diperkenalkan beberapa hari lalu.

Hal ini menyeruak lantaran pihak yang dijiplak, yaitu Current, menyindir Facebook dengan mengunggah sebuah twit di akun resmi Twitter mereka.

Pada twit tersebut, mereka menyandingkan logo Current dengan logo Calibra di dalam satu gambar.

Baca juga: Facebook Luncurkan Mata Uang Kripto Libra

Jika dilihat secara sekilas di gambar tersebut, logo kedua perusahaan memang tampak identik satu sama lain.

Logo Current, seperti namanya, diwakili oleh satu karakter "tilde" yang sejatinya berbentuk seperti sebuah arus. Karakter tersebut berada di dalam sebuah lingkaran.

Facebook pun, lewat Calibra, memiliki desain logo dengan sebuah karakter "tilde" pula yang sama-sama ditempatkan di tengah lingkaran.

Perbedaan logo terletak pada aksen garis putih di tengah karakter "tilde" pada logo Current, serta logo Calibra yang "miskin" akan warna. Hal itu pun disindir oleh pihak Current.

Baca juga: INFOGRAFIK: Mengenal Libra, Mata Uang Kripto yang Dirilis Facebook

"Inilah yang terjadi jika kamu hanya punya sisa 1 krayon," sindir akun @current sebagaimana dikutip KompasTekno dari TheVerge, Jumat (21/6/2019).

Mereka berkata demikian mungkin karena jika dilihat dengan seksama, logo Calibra hanya memiliki satu nada warna, yaitu biru.

Sementara logo "Current" sendiri diwarnai dengan tiga warna dengan nuansa gradasi.

Kendati begitu, belum diketahui apakah logo Calibra memang sengaja dibuat mirip dengan logo Current atau memang ada unsur ketidaksengajaan di dalam pembuatan logo itu.

Pihak Facebook juga belum memberikan keterangan resmi terkait logo tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.