WhatsApp Uji Fitur Berbagi Status ke Facebook dan Instagram Story

Kompas.com - 28/06/2019, 09:39 WIB

KOMPAS.com - Pamor WhatsApp Status memang masih kalah jauh dari Instagram Stories. Padahal, fitur tersebut sudah dirilis sejak 2017 lalu.

Kini, WhatsApp ingin menggenjot penggunaan WhatsApp Status. Kabarnya, WhatsApp sedang menyiapkan fitur yang memungkinkan pengguna membagikan status WhatsApp ke Facebook, Instagram Story, dan layanan Google.

Fitur ini sedang diuji coba ke beberapa pengguna versi beta. Opsi membagikan ke Facebook akan muncul di bawah status WhatsApp pengguna. Ketika opsi tersebut diklik, maka status WhatsApp akan langsung dibagikan ke Facebook Story atau Instagram Story.

Selain Facebook, pengguna juga bisa memilih aplikasi lain untuk membagikan status, seperti Gmail, atau Google Photos. Untuk memilih aplikasi lain, pengguna bisa mengklik ikon bagikan yang ada di sisi kanan.

Baca juga: Cara Menyimpan Status WhatsApp Teman Tanpa Screenshot atau Aplikasi Lain

Fitur membagikan Status WhatsApp ke FacebookUber Gizmo Fitur membagikan Status WhatsApp ke Facebook

Kendati menyambungkan tautan status WhatsApp ke Facebook Story, WhatsApp mengklaim tidak akan mengaitkan akun pengguna di kedua layanan satu payung tersebut, seperti dilansir KompasTekno dari UberGizmo, Jumat (28/6/2019).

Hal ini cukup menjadi pertimbangan bagi beberapa pengguna yang kiritis akan keamana data.
Terlebih, dalam dua tahun belakangan, kemanan data pengguna Facebook menjadi rentan akan peretasan dan penyalahgunaan.

Baca juga: Cara Menyembunyikan Status Online di Instagram

Menurut WhatsApp, fitur ini hanya akan menggunakan data-sharing API di Android dan iOS, layaknya aplikasi lain. Artinya, data akan dibagikan di dalam perangkat antar-aplikasi.

Opsi pembagian (share) juga dilakukan secara manual. Tidak ada opsi untuk membagikan status WhatsApp ke Facebook setiap waktu, setidaknya di awal perilisan fitur ini.

Meski jumlah pengguna belum sebanyak Instagram Stories, pengguna WhatsApp Status disebut terus naik. Saat ini, jumlah pegguna hariannya diklaim mencapai 500 juta.

WhatsApp Status juga akan menjadi tempat pertama Facebook untuk mengaplikasikan iklan di layanan pesan instan terenkripsinya itu. Rencananya, iklan di WhatsApp akan mulai bergulir tahun 2020.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Ubergizmo
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.