WhatsApp dan Instagram Tumbang, Facebook Minta Maaf di Twitter

Kompas.com - 04/07/2019, 08:07 WIB
Ilustrasi ForbesIlustrasi
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Aplikasi Facebook, Instagram, dan WhatsApp kembali tumbang untuk kesekian kalinya pada Rabu (3/7/2019) malam.

Para pengguna ketiga layanan itu mengeluhkan berbagai macam masalah, mulai video Stories yang tidak bisa diakses di Instagram, foto yang tidak muncul di Facebook, hingga WhatsApp yang tak bisa mengirim gambar.

Baca juga: Layanan Facebook, Instagram, dan WhatsApp Down Malam Ini

Tak lama lama setelah layanannya bertumbangan, pihak Facebook merilis permohonan maaf lewat jejaring sosial tetangga, Twitter.

"Kami menyadari bahwa beberapa pengguna kesulitan mengunggah atau mengirim gambar, video, dan file lainnya di aplikasi kami. Mohon maaf atas masalahnya, kami sedang berupaya menormalkan situasi secepat mungkin," kicau Facebook lewat akun resminya.

Pesan yang sama juga diunggah oleh akun jejaring sosial Instagram di Twitter dengan handle @ instagram.

Situs DownDetector.com mendeteksi layanan Facebook, Instagram, dan WhatsApp mulai bermasalah sekitar pukul 21.00 WIB Rabu kemarin. Sebagian besar gangguan terkonsentrasi di Benua Eropa dan Amerika.

Baca juga: Pendiri WhatsApp Ajak Hapus Akun Facebook

Puncak gangguan yang juga dialami oleh para pengguna ketiga layanan di Indonesia tersebut terjadi sekitar pukul 23.00 WIB dan masih berlangsung hingga beberapa jam setelahnya. Dini hari tadi masih terdeteksi gangguan di berbagai negara di seluruh dunia.

Layanan Instagram, Facebook, dan WhatsApp kini berangsur normal kembali. Ketika dijajal oleh KompasTekno pagi ini sekitar pukul 07.00 WIB, ketiganya sudah bisa digunakan tanpa kendala.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X