Beda Galaxy Note 9 dan Galaxy Note 10, Saatnya Ganti?

Kompas.com - 13/08/2019, 20:09 WIB
Galaxy  Note 9 (kiri) dan Galaxy Note 10 Plus (kanan) Wahyunanda Kusuma Pertiwi/Kompas.comGalaxy Note 9 (kiri) dan Galaxy Note 10 Plus (kanan)

KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya, Samsung meluncurkan tidak hanya satu, tapi dua smartphone Galaxy Note sekaligus. Keduanya diberi nama Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10 Plus, yang diresmikan 7 Agustus lalu di News York, AS.

Ini merupakan salah satu gebrakan Samsung di lini ponsel premium dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Tidak cuma perkara jumlah, dari segi spesifikasi dan fitur-fitur unggulan pun, Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10+ menawarkan sejumlah perbedaan dari lini sebelumnya, Galaxy Note 9.

Bagi Anda pemilik Galaxy Note 9 yang ingin berganti ke Galaxy Note 10 atau Note 10 Plus, simak pembahasannya berikut ini.

Dimensi dan Bobot

Salah satu yang menjadi pertimbangkan konsumen sebelum hijrah ke Galaxy Note model apa pun adalah bobotnya yang cukup berat. Samsung memahami hal itu. Alhasil, vendor Korea Selatan tersebut merilis Galaxy Note 10, yang lebih ringan dibanding Galaxy Note 10 Plus.

Baca juga: Alasan Samsung Galaxy Note 10 Berukuran Lebih Kecil dari Galaxy Note 9

Galaxy Note 10 berdimensi 151 x 71,8 x 7,9 mm dengan bobot 168 gram. Sementara Galaxy Note 10 Plus berdimensi lebih besar yakni 162 x 77,2 x 7,9 mm dengan bobot 196 gram.

Samsung mengklaim, bobot Galaxy Note 10 lebih ringan 30 persen dibanding Note 9 yang memiliki bobot 201 gram.

Layar

Selain bobot, ukuran layar yang besar juga sering menjadi pertimbangan sebelum beralih ke Galaxy Note.

Maka dari itu, Samsung menyediakan Galaxy Note 10 dengan bentang layar 6,3 inci, hampir sama dengan Galaxy Note 9 dengan bentang 6,4 inci. Resolusi layarnya 1080 x 2280 piksel.

Meski ukuran layarnya hampir sama, desain Galaxy Note 10 lebih ringkas dibanding pendahulunya.

Samsung Galaxy Note 10 resmi meluncur global, Kamis (8/8/2019).KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma Pertiwi Samsung Galaxy Note 10 resmi meluncur global, Kamis (8/8/2019).
Sedangkan "kakaknya", Galaxy Note 10 Plus, memiliki bentang layar 6,8 inci dengan resolusi layar 1440 x 3040 piksel. Keduanya sama-sama menggunakan panel Dynamic AMOLED.

Rasio aspek keduanya 19:9, berkat pengaplikasian desain Infinity-O atau layar dengan lubang kamera. Dengan Infinity-O, bezel duo Galaxy Note 10 bisa dipangkas. Desain ini mirip dengan yang digunakan di Galaxy S10.

Hanya saja, lubang kameranya hanya tunggal dan terletak di tengah, alih-alih di sisi kanan, sebagaimana Galaxy S10. Kamera depan itu beresolusi 10 megapiksel dengan bukaan lensa f/2.2.

Desain Punggung

Punggung Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus lebih "bersih" dan mengilap dibanding Galaxy Note 10. Sebab, hanya ada modul kamera dan LED flash saja yang terpatri bersama guratan logo "Samsung" di cangkangnya.

Baca juga: Pre-order Samsung Galaxy Note 10 Plus di Indonesia Dapat Smart TV Gratis

Pemindai sidik jari yang dulu tersemat di bawah modul kamera kini hilang. Samsung memilih untuk menanamkan sensor pemindai sidik jari dalam layar, seperti pada Galaxy S10.

Hal ini tentu menambah nilai "kemewahan" duo Galaxy Note 10. Apalagi, Samsung menyediakan warna baru, yakni Aurora Glow yang berkilau saat ada pantulan cahaya dan Aurora White.

Punggung ini tak hanya menawarkan desain yang menarik, tapi juga menyematkan fitur baru dibanding Galaxy Note 9.

Adalah fitur power sharing atau pengisian daya secara wireless dengan menempelkan smartphone atau wearable device ke punggung. Fitur ini menemani NFC yang sudah ada sebelumnya di Galaxy Note 9.

Kamera

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X