Pengguna Instagram Bisa Bikin Filter AR Sendiri

Kompas.com - 14/08/2019, 17:03 WIB
Ilustrasi InstagramIst Ilustrasi Instagram

KOMPAS.com - Instagram dibekali dengan fitur Augmented Reality ( AR) yang memungkinkan penggunanya menerapkan sejumlah filter pada wajah mereka.

Filter-filter ini sejatinya dibuat oleh para kreator Instagram dan kemudian dipublikasikan agar bisa dijajal oleh para pengguna Instagram. 

Para kreator ini menggunakan piranti lunak (software) bernama Spark AR Studio untuk menciptakan beragam filter AR yang kompatibel di Instagram.

Nah, kini Instagram meluncurkan software untuk membuat filter-filter AR ini kepada seluruh pengguna umum Instagram, bukan hanya para kreator saja.

Baca juga: WhatsApp Akan Dapat Fitur Mirip Boomerang di Instagram Stories?

Ilustrasi Spark AR StudioKOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi Spark AR Studio
Instagram membuka akses software Spark AR Studio untuk umum lantaran ingin memberikan kesempatan bagi para pengguna untuk berkreasi.

"Instagram membuka kesempatan kepada lebih banyak orang untuk membuat filter AR serta membagikan perspektif unik mereka ke komunitas Instagram secara global," kata pihak Instagram dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rabu (14/8/2019).

Software AR Spark Studio ini sendiri masih dalam versi public beta, sehingga ada kemungkinan piranti lunak ini masih belum stabil. 

Di Spark AR Studio, pengguna bisa membuat beragam filter AR dengan tools yang tersedia. Pengguna juga bisa membagikan filter AR bikinan mereka ke komunitas Instagram.

Untuk mencoba software pembuat filter AR ini, pengguna bisa mengunjungi situs AR Spark Studio di tautan berikut.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X