Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perangkat USB 4 Mulai Hadir Tahun Depan, Kecepatan Dua Kali USB 3.2

Kompas.com - 04/09/2019, 19:56 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber TechSpot

KOMPAS.com - USB Implementers Forum (USB-IF), baru saja menyelesaikan rancangan sistem USB 4 yang bakal memiliki kecepatan transfer data sangat tinggi. Meski spesifikasinya sudah rampung, USB4 diprediksi baru akan dapat diimplementasikan pada 2020 mendatang.

Menurut USB-IF, USB 4 menjanjikan kecepatan transfer data dua kali lebih cepat dari USB 3.2 dengan angka mencapai 20 hingga 40 Gbps.

Kemampuan transfer data super cepat ini diperoleh karena USB 4 dibuat dengan menggunakan basis Thunderbolt 3, setelah Intel memberikan akses teknologi Thunderbolt tersebut kepada USB Promoter Group.

Baca juga: Alasan Samsung Ganti Jack Audio 3,5 mm dengan USB C di Galaxy A80

Nantinya kemampuan USB 4 akan dapat dimanfaatkan untuk pekerjaan yang membutuhkan kecepatan data tinggi seperti menghubungkan dua monitor 4K sekaligus.

Kendati demikian, USB-IF menilai implementasi USB4 belum akan terjadi dalam waktu dekat. Produk-produk yang menggunakan USB4 diprediksi baru akan memasuki pasar setidaknya awal 2020 mendatang.

Dirangkum KompasTekno dari Tech Spot, Rabu (4/9/2019), USB-IF pun meramalkan bahwa implementasi USB4 pada perangkat keras seperti motherboard, casing PC dan laptop akan membutuhkan waktu relatif lama.

Baca juga: Colokan USB Type-C Bakal Dibuat Lebih Aman dari Malware

Pasalnya, sampai saat ini masih banyak perangkat yang menggunakan USB 3.0 sebagai port andalan. Sementara, port USB 3.2 atau USB-C biasanya hanya disediakan dalam jumlah yang lebih sedikit ketimbang USB 3.0 dalam satu perangkat.

USB 4 sendiri akan membawa sejumlah peningkatan yang signifikan ketimbang versi sebelumnya. Selain peningkatan kecepatan transfer, USB 4 akan memiliki kemampuan display yang lebih baik. USB 4 juga diperkirakan akan dapat mengalirkan daya hingga 100 watt.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com