Instagram Akan Dapat Fitur Video Mirip TikTok?

Kompas.com - 13/09/2019, 08:15 WIB
Ilustrasi Logo Instagram Hollywood ReporterIlustrasi Logo Instagram

KOMPAS.com - Instagram lagi-lagi menjiplak fitur dari pesaingnya. Jika selama ini Snapchat yang sering menjadi korban contekan, kali ini giliran TikTok yang fiturnya disebut "meginspirasi" Instagram.

Fitur tersebut adalam mode Story Camera baru bernama " Clip". Programmer Jane Manchun Wong adalah sosok yang pertama kali menemukan bakal fitur ini sejak bulan Juli lalu.

Ia memang seringkali menemukan fitur-fitur baru yang masih dalam masa uji coba di media sosial seperti Instagram, Facebook, Snapchat, atau Twitter, dengan menelusuri baris kode aplikasi yang bersangkutan.

Baca juga: Mirip Instagram, TikTok Kini Punya Stiker GIF

Menurut Wong, fitur Clip memungkinkan pengguna menggabungkan beberapa potongan video menjadi sebuah video. Fitur ini mirip dengan fitur edit video di TikTok yang menjadi salah satu daya tarik platform yang populer di kalangan remaja tersebut.

Seperti di TikTok, dengan Clip pengguna juga bisa mengatur kecepatan video dan menambahkan musik di Instagram. Wong mengatakan, ada beberapa fitur di TikTok yang belum ada di Clip seperti efek dan filter.

Akan tetapi dengan teknologi Augmented Reality (AR) yang dimiliki Facebook, bukan tidak mungkin Instagram akan menambahkannya di kemudian waktu.

"Fitur eksperimen semacam ini bisa datang dan pergi. Butuh waktu untuk mengembangkan dan merilisnya," tulis Wong di blognya.

TikTok saat ini telah diunduh lebih dari 1 mililar kali, menurut laporan dari Business Insider yang dirangkum KompasTekno, Jumat (13/9/2019). Beberapa video TikTok juga ikut viral media sosial lain seperti Instagram dan Twitter.

Baca juga: Pemilik TikTok Pastikan Bikin Smartphone

Instagram mungkin tidak ingin kehilangan dominasinya menjadi platform berbagi foto dan video terpopuler di dunia sehingga mulai meramu banyak fitur baru. Akan tetapi, Instagram kerap menyontek fitur dari pesaingnya.

Stories, misalnya, sebelum populer seperti saat ini, fitur itu sudah lebih dulu hadir di Snapchat. Instagram enggan memberi tanggapan terkait penemuan fitur mirip TikTok ini.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X