Punya Kamera di Bawah Layar, Galaxy Fold 2 Meluncur pada 2020?

Kompas.com - 19/10/2019, 15:20 WIB
Celah antar-layar di Galaxy Fold BGRCelah antar-layar di Galaxy Fold

KOMPAS.com - Setelah ponsel lipat Samsung Galaxy Fold resmi dirilis ke pasaran, rumor tentang perangkat penerusnya, Galaxy Fold 2, mulai banyak beredar.

Menurut media lokal Korea Selatan baru-baru ini melansir kabar bahwa Samsung akan merilis Galaxy Fold 2 pada bulan April 2020.

Ponsel lipat generasi kedua dari Samsung  ini juga disebut akan menjadi smartphone pertama di dunia dengan kamera yang tertanam di bawah layar.

Baca juga: Samsung Galaxy Fold Sudah Bisa Dibeli

Sebenarnya, beberapa vendor smartphone lain pernah memamerkan teknologi serupa, sebut saja Xiaomi dan Oppo. Namun, mereka belum benar-benar resmi meluncurkannya.

Oleh Samsung, teknologi tersebut konon dinamakan under display camera (UDC). Seperti namanya, sensor kamera akan tertanam di bawah layar. Tentunya layar yang digunakan lebih canggih dari yang sudah ada.

Layar tersebut diproduksi menggunakan mesin khusus bernama Hole in Active Area (HiAA). Mesin ini juga memproduksi layar yang digunakan lini flagship smartphone Samsung. Namun, untuk membuat UDC, mesin yang digunakan adalah HiAA2.

Dengan demikian, perakitan Galaxy Fold 2 kemungkinan akan menjadi lebih rumit. Tidak hanya menyangkut soal fleksibilitas layar, tapi juga bagaimana membuat sensor kamera bisa tertanam di bawah display sambil tetap menghasilkan gambar berkualitas.

Baca juga: Galaxy Fold Generasi Kedua Akan Dijual Global, Masuk Indonesia?

Kabarnya ukuran layar Galaxy Fold 2 akan lebih kecil dibanding pendahulunya dan menganut mekanisme lipatan secara horizontal, alih-alih vertikal seperti pada generasi pertama.

Dihimpun KompasTekno dari Tech Radar, Sabtu (19/10/2019), layar Galaxy Fold 2 kabarnya juga akan dilapisi ultra-thin glass (UTG) yang tahan gores. Lapisan ini berbeda dengan Galaxy Fold orisinil yang dilapisi polymide (PI).

Galaxy Fold 2 disebut-sebut akan dibanderol dengan harga lebih murah dibanding versi pertama. Prediksinya sekitar Rp 1.500 dollar AS (Rp 21,2 juta). Galaxy Fold pertama diharga 1.980 dollar AS saat peluncuran.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X