Fitur Katalog Barang di WhatsApp Resmi Sambangi Indonesia

Kompas.com - 11/11/2019, 08:29 WIB
WhatsApp Business WahyunandaWhatsApp Business

KOMPAS.com - Setelah bergulir dalam format beta, fitur "katalog" di WhatsApp Business akhirnya resmi hadir di Indonesia. Sebagaimana namanya, fitur ini ibarat etalase produk secara digital.

Tak cuma gambar, katalog juga menampilkan spesifikasi serta harga. Dengan demikian, calon konsumen akan lebih mudah menjelajah dan memilih produk mana yang sesuai dengan keinginan mereka.

Tentu saja, cara ini juga semakin memudahkan penjual. Sebab, selama ini mereka harus mengirim foto produk satu per satu kepada konsumen sambil menjelaskan tentang produk tersebut, termasuk tentang harga.

"Fitur ini membuat pemilik bisnis tampak lebih profesional dan memungkinkan pelanggan terlibat dalam chat tanpa perlu mengunjungi situs web," tulis WhatsApp dalam blog resmi WhatsApp yang dihimpun KompasTekno, Senin (11/11/2019).

Tak hanya itu, fitur ini juga membantu pebisnis lebih hemat ruang perangkat karena tidak harus mengirim gambar berulang-ulang ke pelanggan yang berbeda-beda.

Baca juga: Resmi, Pengguna WhatsApp di Indonesia Bisa Tolak Undangan Masuk Grup

 

Salah satu pebisnis yang sudah kebagian fitur ini lebih awal adalah Andhika Mahardika, pemilik usaha Agradaya.id, yang fokus di bisnis agrikultur.

Ia sempat menunjukkan tangkapan layar fitur katalog tersebut dan mengungkapkan pengalamannya kepada KompasTekno dalam sebuah acara beberapa waktu lalu.

"Bisa lebih menjelaskan tentang fitur produk jadinya," aku Andhika.

Bidikan layar fitur Katalog di WhatsApp Business.Kompas.com Bidikan layar fitur Katalog di WhatsApp Business.

Dari sisi penjual, katalog produk bisa ditambahkan melalui menu "setting". Kemudian pilih menu "business setting", lanjutkan ke menu "katalog". Kemudian, unggah foto produk serta keterangan harganya.

Penjual bisa menambahkan informasi detail termasuk harga, deskripsi, dan kode produk. Apabila belum menemukan fitur ini, cobalah perbarui aplikasi WhatsApp Business ke versi paling mutakhir.

Sementara dari sisi konsumen, fitur katalog bisa ditemukan dengan mengklik info kontak WhatsApp Business penjual.

Baca juga: Apa Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Messenger?

Apabila ingin membeli, konsumen bisa memilih produk yang diinginkan dan langsung menghubungi penjual via WhatsApp. Tutorial lengkap penggunaan fitur katalog WhatsApp Business bisa ditonton di video berikut.

Baca juga: Begini Cara WhatsApp Cari Duit dari Layanan Business

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X