Qualcom Perkenalkan Snapdragon XR2, Chip untuk Headset VR dan AR 5G

Kompas.com - 08/12/2019, 15:05 WIB
Hugo Swart, VP and Head of XR, Qualcomm Technologies, Inc. mengumumkan Qualcomm Snapdragon XR2 Platform di gelaran Snapdragon Tech Summit di Maui, Hawaii, AS, Kamis (5/12/2019). QualcommHugo Swart, VP and Head of XR, Qualcomm Technologies, Inc. mengumumkan Qualcomm Snapdragon XR2 Platform di gelaran Snapdragon Tech Summit di Maui, Hawaii, AS, Kamis (5/12/2019).
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Selain system-on-chip untuk smartphone, Qualcomm belakangan meresmikan chip terbarunya yang dirancang sebagai platfrom perangkat Augmented Reality ( AR) dan Virtual Reality ( VR), yakni Snapdragon XR2.

Seperti namanya, chip yang bakal tertanap di headset standalone ini merupakan penerus dari Snapdragon XR generasi pertama dan ditujukan untuk menciptakan Extended Reality (XR) dengan menggabungkan teknologi AR, VR, Mixed Reality (MR), dan dukungan 5G.  

"Qualcomm Snapdragon XR2 Platform adalah platform 5G pertama di dunia yang juga mendukung Extended Reality (XR)," ujar pihak Qualcomm di keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Minggu (8/12/2019).

Baca juga: Qualcomm Resmikan Snapdragon 865 dan 765 dengan Dukungan 5G

Dibandingkan pendahulunya, platform Snapdragon XR2 mengusung peningkatan di beberapa aspek, seperti prosesor (CPU), pengolah grafis (GPU), hingga kinerja AI.

Performa CPU dan GPU Snapdragon XR2 diklaim dua kali lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya, sementara kinerja AI disebut meningkat hingga sebelas kali lipat.

Di ranah pemrosesan gambar, chip ini mampu menerima bandwidth video empat kali lebih besar dan bisa menampilkan resolusi enam kali lebih tinggi (resolusi 3K di masing-masing mata), berikut dukungan pemutaran video 8K 360 derajat dengan frame rate 60 FPS.

Baca juga: Redmi Sesumbar Bakal Rilis Smartphone Pertama dengan Snapdragon 765G

Untuk menunjang pengalaman AR/VR, Snapdragon XR2 turut dibekali dengan dukungan tujuh kamera yang mampu melacak beragam gestur tubuh secara akurat dan prosesor yang mampu merekonstruksi lingkungan yang pengguna lihat secara real-time.

Ada pula chip audio Hexagon DSP yang memungkinkan perangkat menghasilkan kualitas suara jernih di sekeliling pengguna (3D spatial sound) dengan fitur context detection yang mampu memisahkan suara di dunia digital dan dunia nyata. 

Pihak Qualcomm menyebut beberapa original equipment manufacturer (OEM) telah bekerja sama untuk membuat produk berbasis Snapdragon XR2. Kemungkinan perangkat-perangkat pertama yang menggunakan chip ini akan mulai hadir pada paruh kedua 2020.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X