Blibli Kantongi Sertifikat Keamanan Data ISO 27001

Kompas.com - 10/12/2019, 12:39 WIB
Intan Rahayu, Kasubdit Identifikasi Kerentanan dan Penilaian Risiko Informasi Perdagangan Berbasis Elektronik BSSN saat memaparkan sertifikasi keamanan data ISO/IFC 27001 di kantor Blibli.com Selasa (10/12/2019). KOMPAS.com/ PUTRI ZAKIA SALSABILAIntan Rahayu, Kasubdit Identifikasi Kerentanan dan Penilaian Risiko Informasi Perdagangan Berbasis Elektronik BSSN saat memaparkan sertifikasi keamanan data ISO/IFC 27001 di kantor Blibli.com Selasa (10/12/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Blibli.com telah meraih sertifikasi ISO/IEC 27001:2013 untuk penerapan sistem manajemen keamanan informasi, sesuai dengan standar yang diakui secara internasional tersebut.

Hal itu diumumkan dalam acara yang digelar oleh Blibli di Jakarta, Selasa (10/12/2019). Vice President of Infrastructure and Technical Support Blibli Ongkowijoyo mengklaim bahwa Blibli merupakan e-commerce pertama di Indonesia yang mendapat sertifikat ISO/IEC 27001:2013.

Sertifikasi ini menunjukkan bahwa Blibli.com telah memenuhi keseluruhan standar terkait sistem manajemen keamanan informasi dalam mengoperasikan bisnis e-commerce.

Baca juga: Ovo dan Blibli Siap Bikin Aplikasi Android untuk Toko Aplikasi Huawei

Menurut Ongko, Blibli telah menerapkan berbagai strategi, termasuk di bidang arsitektur IT dan application programming interface (API), untuk memastikan ketahanan Blibli.com untuk aspek keamanan data, baik dari sisi korporat maupun pelanggan.

"Blibli.com juga ingin meningkatkan kesadaran seluruh stakeholder dalam industri e-commerce, mulai dari pelaku bisnis hingga pelanggan, akan pentingnya mengutamakan keamanan data, bukan saja data para pelanggan namun juga korporat," tuturnya.

Sertifikat ISO/IEC 27001 yang diberikan kepada Blibli.com pada hari ini diterbitkan
oleh British Standard Institution (BSI), inisiator dari standar ISO/IEC 27001 yang memiliki akreditasi internasional.

Erna Damayanty, Managing Director BSI Indonesia mengatakan ISO/IEC 270001 pada awalnya merupakan British Standard 7799 yang diadopsi menjadi standar ISO yang telah diakui oleh 164 negara di dunia.

|Baca juga: Xiaomi Luncurkan E-commerce ShareSave di Indonesia

Persyaratan standar ISO/IEC 27001 ini terbilang ketat. Proses yang dilalui untuk mendapatkannya juga cukup sulit dan panjang.

"Blibli.com telah mendapat sertifikat ISO/IEC 27001:2013 tentang Sistem Manajemen Keamanan Informasi setelah melalui proses audit yang menyeluruh," ujar Erna.

Dia menekankan bahwa standarisasi manajemen sistem keamanan informasi ISO/IEC 27001:2013 ini sangat penting bagi pelaku industri e-commerce.

Selain ISO/IEC 27001:2013, Blibli.com juga mendapatkan skor tinggi di Indeks Keamanan Informasi (KAMI) dari Badan Sandi dan Siber Negara (BSSN).



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X