Kilas Balik Desain Layar Smartphone dalam Satu Dekade

Kompas.com - 26/12/2019, 20:01 WIB
BlackBerry Torch 9800 AmazonBlackBerry Torch 9800

KOMPAS.com - Masih ingat smartphone apa yang Anda genggam 10 tahun lalu? Bagaimana wujudnya? Seberapa luas layarnya dibanding smartphone yang Anda gunakan untuk membaca artikel ini? 

Hampir satu dekade lalu, tepatnya pada 2010, konon disebut-sebut sebagai awal "tahunnya smartphone".

Kala itu, smartphone Android memulai titik kejayaannya, iPhone mulai meningkatkan hardware-nya, hingga akhirnya mulai menghimpit eksistensi BlackBerry yang masih mahsyur saat itu.

Demi bertahan di pasar, beberapa smartphone melakukan beberapa inovasi, terutama di bagian layar. Komponen ini bisa dikatakan paling krusial, karena berkaitan dengan desain smartphone.

Baca juga: Xiaomi Mi Mix Berikutnya Punya Layar Kedua di Belakang?

Selama satu dekade terakhir, ukuran layar semartphone semakin luas. Bisa dikatakan, semakin panjang diagonal layarnya, semakin premium smartphone tersebut.

Tentu saja hal ini berkaitan dengan harga bahan baku panel layar yang digunakan. Contohnya saja, lini Galaxy Note 10, Huawei P, atau ponsel seri Mi dari Xiaomi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Para pabrikan mencari ribuan cara untuk menipiskan bezel alias bingkai layar smartphone hingga harus mengotak-atik lokasi kamera depan. Resolusi layar juga makin canggih, makin segar di mata demi menajakan visual nan ciamik.

Sebab, beberapa tahun belakangan, hiburan mobile seperti video hingga game semakin digandrungi. Alahasil, munculah inovasi untuk membuat smartphone layar lipat.

Tahun 2019 ini, beberapa pabrikan memamerkan smartphone lipatnya. Sebut saja Samsung dengan Galaxy Fold dan Huawei dengan Mate-X.

Bagaimana transformasi layar smartphone dalam satu dekade terakhir? KompasTekno telah merangkumnya dengan membagi tiga tren besar, dimulai dari smartphone berbentang layar pendek, tren bezel less dan aneka benyuk poni, hingga layar lipat.

Diagonal layar pendek

iPhone 4Apple iPhone 4

Tahun 2010, belum semua smartphone mengadopsi layar penuh atau full screen. Masih ada yang menggunakan tombol fisik QWERTY saat itu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.