XL dan Indosat Sediakan Layanan Komunikasi Gratis di Posko Banjir

Kompas.com - 06/01/2020, 14:21 WIB
Logo XL Axiata KOMPAS.com/ OIK YUSUFLogo XL Axiata
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

 

KOMPAS.com - Curah hujan tinggi pada awal 2020 menyebabkan sejumlah wilayah di di Jabodetabek tergenang banjir.  Untuk membantu meringankan beban korban, operator seluler XL Axiata menggelar sejumlah posko di sekitar lokasi yang terdampak.

Berdasarkan dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Senin (6/1/2020), posko-posko XL tersebut dilengkapi fasilitas Telpon Umum Gratis (TUG) dan charging station yang dapat dimanfaatkan oleh warga secara cuma-cuma untuk berkomunikasi.

XL Axiata juga memberikan sejumlah kartu perdana internet gratis bagi para relawan, serta menyediakan fasilitas akses internet bagi warga yang ingin mengetahui informasi terkini tentang banjir di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Baca juga: Cara Cek Penutupan Jalan karena Banjir di Jakarta lewat Google Maps

“Bantuan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian kami untuk membantu masyarakat Indonesia, khususnya di Jakarta dan sekitarnya yang tertimpa musibah banjir," ujar Region Group Head XL Axiata Jabodetabek, Francky Rinaldo Pakpahan

Posko yang didirikan XL Axiata di beberapa titik ini, seperti di kawasan Ciledug (Tangerang), Bekasi (Jawa Barat), dan Jatinegara (Jakarta Timur), sudah dibuka sejak hari Rabu (1/1/2020) dan bakal digelar mengikuti kondisi dan situasi banjir di lapangan.

Sejalan dengan XL Axiata, Indosat Ooredoo juga turut mendirikan posko di beberapa titik di wilayah Jabodetabek yang terkena banjir.

Hendri Mulya Syam, Chief Sales & Distribution Officer Indosat Ooredoo (berdiri kiri) dan Turina Farouk, SVP-Head Corporate Communications Indosat Ooredoo (berdiri kanan) saat turun ke posko pengungsian menyaksikan layanan pengobatan gratis di posko banjir Pangadegan, Jakarta Selatan.Indosat Ooredoo Hendri Mulya Syam, Chief Sales & Distribution Officer Indosat Ooredoo (berdiri kiri) dan Turina Farouk, SVP-Head Corporate Communications Indosat Ooredoo (berdiri kanan) saat turun ke posko pengungsian menyaksikan layanan pengobatan gratis di posko banjir Pangadegan, Jakarta Selatan.

Di sejumlah posko yang berlokasi di beberapa titik banjir ini, seperti di kawasan Pancoran (Jakarta Selatan), Sajira (Banten), Cipanas (Jawa Barat), dan Kampung Banjar Parigi (Banten), pihak Indosat menyediakan fasilitas komunikasi gratis bagi masyarakat.

Adapun layanan komunikasi gratis yang ditawarkan berupa kartu SIM IM3 Freedom Internet 2GB dengan paket pulsa dan paket data yang bisa digunakan untuk menelpon, SMS dan komunikasi data di mana saja dan kapan saja selama 24 jam.

Baca juga: Layanan Seluler yang Terdampak Banjir di Jabodetabek Mulai Pulih

"Kami berharap apa yang kami lakukan dapat meringankan beban masyarakat, membantu mereka melewati situasi tanggap darurat sekaligus masa pemulihan paska bencana,” tutur  Chief Sales & Distribution Officer Indosat Ooredoo, Hendri Mulya Syam di keterangan terpisah.

Indosat sendiri membuka posko banjir ini sejak Sabtu (4/1/2020) kemarin dan akan digelar selama 7 hari ke depan, atau tepatnya hingga Sabtu (11/1/2020). 

Di samping memberikan kemudahan layanan komunikasi, sejumlah posko yang digelar oleh kedua operator seluler juga menyediakan bantuan lain berupa kebutuhan pokok sehari-hari bagi para korban banjir, seperti makanan, obat-obatan, hingga air bersih.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X