OnePlus Concept One Punya Kamera yang Bisa Menghilang, Ini Rahasianya

Kompas.com - 09/01/2020, 08:42 WIB
OnePlus Concept One twitter.com/@OnePlus_USAOnePlus Concept One

KOMPAS.com - OnePlus memamerkan konsep smartphone terbarunya, yaitu OnePlus Concept One dalam ajang tahunan Consumer Electronics Show (CES) 2020 di Las Vegas, AS, pekan ini.

Fitur yang paling ditonjolkan dari OnePlus Concept One adalah kamera yang dapat menghilang di balik kaca yang melindunginya. Lensa kamera belakang hanya akan muncul saat pengguna mengakses fitur kamera di ponsel. Apa rahasianya?

OnePlus menggunakan teknologi panel kaca elektrokromik untuk melindungi lensa kamera belakang. Dengan teknologi tersebut, kaca akan berubah dari warna yang padat menjadi transparan ketika dialiri listrik, memunculkan lensa kamera di bawahnya.

Menurut Pete Lau, CEO sekaligus Founder OnePlus, konsep smartphone ini adalah percobaan signifikan untuk menuju bentuk smartphone di masa depan.

"Kamera tak kasatmata ini merupakan bentuk desain kamera baru, yang menyelamatkan pengguna dari kompromi tata letak kamera saat ini.” ujar Lau.

Baca juga: Realme X50 5G Resmi Meluncur dengan Enam Kamera, Harganya?

Proses perubahan gelap-terang kaca elektrokromik di OnePlus Concept One diklaim hanya sekitar 0,7 detik. Selain menyembunyikan lensa kamera, kaca elektrokromik di punggung ponsel juga berfungsi sebagai filter ND untuk kamera.

Dalam fotografi, filter itu dapat memblokir cahaya yang terlalu terang untuk ditangkap kamera, sehingga tingkat bayangan dan highlight bisa menangkap lebih banyak detail.

Dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Kamis (9/1/2020), jika dilihat dari penempatan tombol dan kamera, bentuk OnePlus Concept One menyerupai OnePlus 7T Pro.

OnePlus Concept One juga disebut terinspirasi dari mobil sport McLaren 720S Spider. Bahkan Concept One juga dilengkapi panel kulit di punggung ponsel, dengan warna Papaya Orange khas McLaren.

Baca juga: CEO OnePlus Bicara Peluang OnePlus 3 Dijual di Indonesia

Karena berupa konsep atau prototipe, OnePlus Concept One saat ini belum dipasarkan. Namun OnePlus berjanji akan menghadirkan teknologi kamera tak kasatmata ini di lini ponsel buatannya di masa mendatang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X