Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OnePlus Concept One Punya Kamera yang Bisa Menghilang, Ini Rahasianya

Kompas.com - 09/01/2020, 08:42 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - OnePlus memamerkan konsep smartphone terbarunya, yaitu OnePlus Concept One dalam ajang tahunan Consumer Electronics Show (CES) 2020 di Las Vegas, AS, pekan ini.

Fitur yang paling ditonjolkan dari OnePlus Concept One adalah kamera yang dapat menghilang di balik kaca yang melindunginya. Lensa kamera belakang hanya akan muncul saat pengguna mengakses fitur kamera di ponsel. Apa rahasianya?

OnePlus menggunakan teknologi panel kaca elektrokromik untuk melindungi lensa kamera belakang. Dengan teknologi tersebut, kaca akan berubah dari warna yang padat menjadi transparan ketika dialiri listrik, memunculkan lensa kamera di bawahnya.

Menurut Pete Lau, CEO sekaligus Founder OnePlus, konsep smartphone ini adalah percobaan signifikan untuk menuju bentuk smartphone di masa depan.

"Kamera tak kasatmata ini merupakan bentuk desain kamera baru, yang menyelamatkan pengguna dari kompromi tata letak kamera saat ini.” ujar Lau.

Baca juga: Realme X50 5G Resmi Meluncur dengan Enam Kamera, Harganya?

Proses perubahan gelap-terang kaca elektrokromik di OnePlus Concept One diklaim hanya sekitar 0,7 detik. Selain menyembunyikan lensa kamera, kaca elektrokromik di punggung ponsel juga berfungsi sebagai filter ND untuk kamera.

Dalam fotografi, filter itu dapat memblokir cahaya yang terlalu terang untuk ditangkap kamera, sehingga tingkat bayangan dan highlight bisa menangkap lebih banyak detail.

Dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Kamis (9/1/2020), jika dilihat dari penempatan tombol dan kamera, bentuk OnePlus Concept One menyerupai OnePlus 7T Pro.

OnePlus Concept One juga disebut terinspirasi dari mobil sport McLaren 720S Spider. Bahkan Concept One juga dilengkapi panel kulit di punggung ponsel, dengan warna Papaya Orange khas McLaren.

Baca juga: CEO OnePlus Bicara Peluang OnePlus 3 Dijual di Indonesia

Karena berupa konsep atau prototipe, OnePlus Concept One saat ini belum dipasarkan. Namun OnePlus berjanji akan menghadirkan teknologi kamera tak kasatmata ini di lini ponsel buatannya di masa mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com