Wabah Virus Corona, Peserta MWC dari China Dikurangi dan Dikarantina

Kompas.com - 10/02/2020, 08:05 WIB
Logo ZTE Android AuthorityLogo ZTE

KOMPAS.com - Penyelenggaraan trade show Mobile World Congress ( MWC) 2020 di Barcelona, Spanyol, pada akhir Februari mendatang diwarnai kekhawatiran mewabahnya virus corona.

Sebagian peserta pameran merupakan pabrikan ponsel yang berbasis di China, seperti Huawei, ZTE, Oppo, dan Xiaomi.

Terkait hal tersebut, para pabrikan ini dilaporkan telah memangkas jumlah kontingen masing-masing yang diberangkatkan ke MWC 2020. Jumlahnya bakal lebih sedikit dibandingkan dengan tahun lalu.

Baca juga: Pantau Persebaran Virus Corona Lewat Peta Online Ini

Selain itu, karyawan asal China yang hendak ikut serta dalam pameran pun sudah dikirim ke Spanyol sejak jauh-jauh hari untuk menghindari travel restriction dari negara yang disinggahi.

Upaya karantina turut dilancarkan untuk memastikan karyawan yang berangkat tidak terinfeksi virus corona. Oppo, Huawei, dan ZTE, misalnya akan mengkarantina para eksekutifnya selama paling tidak dua pekan.

"ZTE akan memastikan bahwa semua karyawan dari China daratan termasuk warga negara non-China, tidak memiliki gejala dua minggu sebelum keberangkatan dan kedatangan di MWC," ujar perusahaan ZTE dalam siaran resminya.

Baca juga: Facebook dan Instagram Batasi Persebaran Konten Hoaks Virus Corona

Oppo menyatakan bakal memprioritaskan kesehatan dan keselamatan karyawannya, serta berkomitmen mengikuti semua "ketentuan imigrasi dari setiap negara dan memastikan pegawai melakukan perjalanan dengan aman".

Bukan hanya jumlah kontingen karyawan yang dipangkas, tapi juga pihak lain seperti wartawan. Xiaomi, misalnya, membatalkan keberangkatan sejumlah jurnalis asal China ke WMC Barcelona.

Acara tahunan MWC yang akan diadakan pada 24 hingga 27 Februari 2020 dikabarkan akan dihadiri oleh 109.000 peserta, dengan tema "limitless intelligent connectivity" yang akan mengedepankan jaringan 5G.

Baca juga: GSMA Antisipasi Risiko Persebaran Corona di MWC 2020

Asosiasi GSMA selaku penyelenggara MWC mengatakan akan menggenjot upaya pembersihan dan pembasmian kuman di area pameran, berikut edukasi staff dan peserta untuk mencegah penularan virus.

Sebagian peserta lain ada yang memutuskan untuk tidak menghadiri MWC 2020 sama sekali, seperti misalnya LG, Ericsson, dan Nvidia, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari South China Morning Post, Senin (10/2/2020).

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X