GSMA Antisipasi Risiko Persebaran Corona di MWC 2020

Kompas.com - 06/02/2020, 18:23 WIB
Julian Gorman, Head of APAC, GSMA BILL CLINTEN/KOMPAS.comJulian Gorman, Head of APAC, GSMA
Penulis Bill Clinten
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang pameran teknologi Mobile World Congress (MWC) 2020 akan digelar pada akhir Februari mendatang. Dalam perhelatan ini, para vendor teknologi berkesempatan memamerkan produk-produk terbarunya.

Pameran ini akan menjadi tempat berkumpulnya para pelaku bisnis teknologi di seluruh dunia. Namun saat ini ada kekhawatiran tentang merebaknya wabah virus corona di sejumlah negara dunia.

Kekhawatiran ini pun disadari GSMA sebagai penyelenggara. Head of APAC GSMA, Julian Gorman, mengonfirmasi bahwa MWC 2020 tetap akan digelar sesuai dengan rencana.

Baca juga: Cara Facebook, Twitter, dan TikTok Perangi Virus Corona

Sebagai upaya antisipasi, pihaknya menegaskan akan terus melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak terkait, untuk memastikan pengunjung aman dari infeksi virus tersebut.

"Kami akan memantau situasi bersama pemerintah Spanyol, pemerintah Barcelona, WHO, dan penasihat lain untuk memastikan segala sistem dan protokol (MWC 2020) berjalan dengan baik," tutur Julian kepada KompasTekno di Hotel Grand Hyatt, Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (6/2/2020).

Tak hanya itu, Ia juga mengatakan, pihak GSMA akan memperketat pengawasan kesehatan peserta di Fira Gran Via, Barcelona, tempat berlangsungnya MWC 2020.

Menurutnya, akan ada tim yang akan memastikan kebersihan di sejumlah titik di venue tersebut, baik di booth peserta hingga di panggung.

Bahkan, pihak GSMA juga bakal memberikan sejumlah imbauan dan saran bagi para pengunjung demi mencegah beragam virus dan penyakit yang bisa saja mengintai mereka.

"Akan ada kampanye untuk meningkatkan kesadaran orang tentang kebersihan pribadi untuk mencuci tangan. Ada pula saran di pintu masuk agar panitia dan peserta tidak saling berjabat tangan untuk memastikan mereka tetap aman dan sehat," tambahnya.

Sebagai informasi, vendor smartphone asal Korea Selatan, LG Electronics, memastikan tidak akan turut serta dalam MWC 2020 kali ini. Keputusan tersebut tak lain atas hasil pertimbangan risiko kesehatan karena wabah corona.

Baca juga: LG Batal Ikut di Mobile World Congress 2020 Terkait Virus Corona

ZTE pun awalnya tidak akan turut serta dalam MWC 2020. Namun kemudian ZTE berubah pikiran dan memastikan bahwa pihaknya bakal hadir di ajang pamer teknologi tersebut.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X