Perusahaan Ponsel Essential Besutan "Bapak Android" Akhirnya Tutup

Kompas.com - 14/02/2020, 09:02 WIB
Essential Phone rancangan Andy Rubin The VergeEssential Phone rancangan Andy Rubin
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Essential adalah vendor ponsel besutan Andy Rubin, mantan pemimpin divisi Android di Google yang sering dijuluki "Bapak Android". Lama tak jelas kabarnya, perusahaan tersebut pekan ini akhirnya menyatakan akan tutup.

Pengumumannya disampaikan oleh pihak Essential melalui keterangan tertulis di situsnya.
"Kami telah mengambil keputusan sulit untuk menghentikan kegiatan operasional dan menutup Essental," bunyi keterangan itu.

Baca juga: Ini Ponsel Baru yang Berbentuk Unik dari Perusahaan Bapak Android

Alasan penutupan disebut terkait dengan "Project GEM", yakni ponsel berbentuk kurus dan memanjang mirip remote TV yang rencananya akan dirilis Essential.

Diumumkan pada Oktober 2019, Project GEM tadinya akan menjadi ponsel kedua dari Essential, tapi pengembangannya rupanya mandek.

"Meskipun telah melakukan upaya terbaik kami untuk mengembangkan Project GEM sejauh mungkin, kami tidak melihat ada peluang merilisnya ke konsumen," imbuh Essential di situsnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Jumat (14/2/2020).

Essential sendiri sebenarnya sudah didera kesulitan sejak lama. Produk perdananya, Essential Phone PH-1, sempat terkendala masalah produksi sehingga rilisnya ke pasaran tertunda. Ketika sudah beredar pun, PH-1 tak diminati konsumen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Smartphone Buatan Bapak Android Kurang Laku?

Kini, dengan ditutupnya Essential, dukungan untuk ponsel PH-1 ikut dihentikan. Update sekuritiyang disalurkan pada 3 Februari lalu menjadi yang terakhir. Setelahnya tak akan ada lagi bentuk pembaruan atau dukungan konsumen seperti apapun.

Newton Mail yang diakuisisi Essential dari CloudMagic pun ikut tutup. Penggunanya tidak akan bisa lagi mengakses aplikasi layanan e-mail itu setelah tanggal 30 April 2020.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.