Samsung Akan Jual Teknologi Layar "Tekuk" Galaxy Z Flip

Kompas.com - 27/02/2020, 09:10 WIB
Ketika ditekuk, layar bagian atas disebut screen area. Layar bagian bawah disebut Interaction area. KOMPAS.com/YUDHA PRATOMOKetika ditekuk, layar bagian atas disebut screen area. Layar bagian bawah disebut Interaction area.

KOMPAS.com - Meski telah dirancang dalam waktu yang lama, ponsel dengan layar yang dapat dilipat (foldable) dari Samsung baru pertama kali diperkenalkan pada tahun 2019 lalu.

Debutnya dimulai ketika merilis Galaxy Fold dan berlanjut dengan meluncurkan Galaxy Z Flip beberapa waktu lalu.

Kehadiran ponsel dengan teknologi layar lipat juga dinilai dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen.

Jika dilihat, saat ini masih belum banyak vendor ponsel yang menghadirkan perangkat dengan teknologi layar lipat yang serupa.

Meski begitu, baru-baru ini Samsung Display mengumumkan bahwa pihaknya berencana untuk menjual teknologi layar Ultra Thin Glass (UTG) yang bisa digunakan untuk pengembangan di lini ponsel lipat.

Teknologi Ultra Thin Glass sendiri dibenamkan Samsung pada perangkat Galaxy Z Flip miliknya yang diperkenalkan pada 12 Februari 2020 lalu.

Menurut Vice President Mobile Display Marketing Samsung Display, Dennis Choi, Samsung meyakini bahwa teknologi UTG yang mereka kembangkan dapat memenuhi kebutuhan pengguna.

Baca juga: Beda Lipatan Galaxy Z Flip dan Fold, Apa Alasannya?

Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa layar UTG yang diciptakan adalah bukti bahwa Samsung dalam mengikuti kemajuan teknologi saat ini.

"Jelas, layar UTG milik kami adalah alternatif manufaktur yang sangat menarik dan dapat menjadi contoh penting untuk lainnya dan kami berdedikasi terhadap kemajuan teknologi dan keunggulan manufaktur," lanjut Choi.

Dihimpun KompasTekno dari Businesswire, Kamis (27/2/2020), meski rencana ini telah diumumkan, hingga saat ini belum diketahui siapa saja vendor yang berminat untuk mengadopsi teknologi ini.

Namun sejauh ini, setidaknya ada empat vendor yang tengah mempersiapkan dan mengembangkan perangkat layar lipat selain Samsung yakni Huawei, Motorola, dan Royole.

Rencana penjualan teknologi layar UTG untuk vendor lain ini juga dianggap Samsung dapat mendukung pengembangan teknologi layar lipat untuk ponsel yang akan datang.

Baca juga: 7 Tahun Terciptanya Ponsel Lipat Galaxy Z Flip

Sebagai informasi, layar Ultra Thin Glass (UTG) ini pertama kali diadopsi Samsung untuk perangkat Galaxy Z Flip yang baru saja diperkenalkan beberapa waktu lalu. 

Teknologi ini berbeda dengan yang dibenamkan pada perangkat Galaxy Fold dimana perangkat tersebut menggunakan pelapis layar berbahan plastik polymide.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Ubergizmo
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X