7 Tahun Terciptanya Ponsel Lipat Galaxy Z Flip

Kompas.com - 18/02/2020, 11:51 WIB
Samsung Galaxy Z Flip saat dilipat. KOMPAS.com/YUDHA PRATOMOSamsung Galaxy Z Flip saat dilipat.

KOMPAS.com - Samsung resmi membawa kedua ponsel lipatnya, Galaxy Fold dan Galaxy Z Flip ke pasar smartphone global.

Dalam acara Galaxy Unpacked yang digelar di kota San Francisco, Amerika Serikat, Selasa (11/2/2020), Samsung memamerkan Galaxy Z Flip yang dapat dilipat menyerupai alat kosmetik.

Ponsel Galaxy Z Flip memiliki mekanisme lipatan ke bawah, berbeda dengan Galaxy Fold lipatannya menyamping laksana buku.

Terkait soal ini, Presiden baru Samsung, Roh Tae-moon mengatakan bahwa dibutuhkan waktu enam hingga tujuh tahun bagi Samsung untuk mengembangkan Galaxy Fold, dan tiga tahun berikutnya untuk meluncurkan Galaxy Z Flip.

Baca juga: Sesama Lipat, Galaxy Z Flip Bakal Senasib dengan Fold?

Presiden baru Samsung, Roh Tae-moonSamsung Electronics Presiden baru Samsung, Roh Tae-moon
Jika ingat, Samsung mengenalkan teknologi layar yang bisa ditekuk di ajang Mobile World Congress (MWC) 2013. Menggunakan nama sandi Youm, salah satu ponsel yang dipamerkan itu memiliki layar yang bisa dibuka-tutup layaknya Galaxy Fold saat ini.

Sejak sata itu, proses riset berjalan semakin cepat, seiring dengan matangnya proses pengembangan yang dilakukan Samsung. Roh juga mengatakan untuk ke depannya Samsung akan mengembangkan ponsel lipat dengan layar yang lebih luas lagi.

"Saya membayangkan di masa depan para pengguna dapat membawa ponsel tanpa takut mempermasalahkan ukuran layar pada ponsel," lanjut Roh.

Dirangkum KompasTekno dari The Korea Herald, Selasa (18/2/2020), vendor ponsel Korea Selatan itu sebelumnya telah mengajukan paten ponsel yang memiliki lebih dari satu lipatan. Terlihat pada gambar mock-up tidak resmi seperti di bawah ini.

Mock-up tidak resmi ponsel lipat Samsung yang bisa dilipat beberapa kaliLetsGoDigital Mock-up tidak resmi ponsel lipat Samsung yang bisa dilipat beberapa kali

Meski telah memiliki teknologi untuk menciptakan ponsel yang memiliki beberapa lipatan, namun Samsung saat ini lebih berfokus untuk memberikan kenyamanan kepada penggunanya.

Baca juga: Layar Lipat Razr Ternyata Tak Sekuat Galaxy Fold, Apa Kata Motorola?

"Secara teknologi, kami mampu merancang ponsel yang bisa dilipat secara beberapa kali namun saat ini kami lebih mengutamakan sisi nilai dari ponsel," ungkap Roh.

Roh juga menargetkan dalam kurun waktu satu tahun ke depan, penjualan kedua ponsel lipat Samsung diklaim akan mengalami peningkatan.

Galaxy Z Flip dikatakan Roh memiliki persediaan yang terbatas, dan Samsung memperkirakan ponsel lipatnya itu akan populer dimulai dari enam bulan ke depan.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X