Tokopedia Gangguan, Pembayaran dan Transaksi Dilaporkan Bermasalah

Kompas.com - 23/03/2020, 16:38 WIB
Ilustrasi berbelanja online di Tokopedia DOKUMENTASI TOKOPEDIAIlustrasi berbelanja online di Tokopedia

KOMPAS.com - Layanan e-commerce Tokopedia dilaporkan bermasalah saat digunakan untuk bertransaksi pada Senin (23/3/2020) sekitar pukul 15.40 WIB.

Situs dan aplikasi Tokopedia masih bisa diakses tetapi beberapa fungsi tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Sejumlah pengguna mengeluhkan kesulitan saat melakukan pembayaran dan transaksi yang sudah dibayar tidak muncul di daftar transaksi.

Pengguna beramai-ramai memberikan laporan dan keluhan di Twitter dengan me-mention akun resmi Tokopedia, @Tokopedia dan @TokopediaCare.

"hai @TokopediaCare, saya baru saja transaksi di Tokopedia, tetapi saya cek di daftar pesanan tidak ada, sedangkan saldo ovo saya sudah ditarik. mohon bantuannya kakak admin, terima kasih,” tulis seorang pengguna Twitter dengan handle @sheillashantika, Senin petang.

halo kak, saya sudah bayar pesanan, tp pesanan saya statusnya masih menunggu pembayaran. Solusinya gimana ya?,” tulis seorang pengguna di Twitter sambil me-mention akun @TokopediaCare.

Pengguna lain menyebutkan sudah melakukan transaksi dan membayarnya tapi ordernya tidak muncul di aplikasi. “@ tokopedia lagi error ya? sy sudah order dan bayar pakai ovo ko ga keliatan progress ordernya?,” tulis pengguna Twitter, @faiqwild.

Baca juga: Telkomsel, XL, dan Indosat Bagikan Kuota Gratis untuk Belajar Online

Keluhan lain terkait layanan Tokopedia juga dilayangkan sejumlah pengguna yang hendak melakukan aktivitas pengiriman barang.

@Tokopediacare min, apa lagi error ya? Daritadi keluar info perbaikan jaringan terus, padahal mau kirim barang,” tulis pengguna Twitter dengan handle @eudasan.

Saat dicoba KompasTekno untuk melihat daftar transaksi yang sudah selesai di aplikasi Tokopedia, muncul pesan error "Terjadi kesalahan koneksi. Silakan coba lagi".

Meski demikian fungsi lain, seperti mencari produk dan melihat produk, daftar wishlist, laman feed, dan lainnya berjalan normal.

KompasTekno sedang berupaya menghubungi pihak Tokopedia untuk meminta keterangan terkait gangguan ini.

Baca juga: Tokopedia Gratiskan Ongkir, Pengguna Bisa Belanja Tanpa Keluar Rumah


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X