Ini Nomor WhatsApp WHO untuk Bertanya Seputar Wabah Covid-19

Kompas.com - 23/03/2020, 17:32 WIB
Layanan WHO yang bisa diakses melalui Whatsapp mengenai Covid-19 KOMPAS/Putri Zakia SalsabilaLayanan WHO yang bisa diakses melalui Whatsapp mengenai Covid-19

KOMPAS.com - Organisasi kesehatan Dunia ( WHO) resmi meluncurkan chatbot WhatsApp Covid-19, untuk mengetahui perkembangan informasi seputar pandemi yang diakibatkan olh virus corona.

Setelah diumumkan WHO dan Whatsapp melalui website resminya pada Jumat (20/3/2020), chatbot itu sudah bisa diakses masyarakat mulai Sabtu (21/3/2020) lalu

Masyarakat bisa mengakses chatbot dengan menyimpan nomor +41 79 893 1892 atau cukup dengan meng-klik tautan berikut ini.

Baca juga: Chatbot WhatsApp Covid-19 dari Pemerintah Sudah Bisa Diakses

Layanan chatbot WhatsApp ini mencakup informasi seperti situasi, jumlah kematian, kesembuhan, dan informasi lainnya selama 7 hari 24 jam. Layanan ini akan menanggapi serangkaian informasi dan akan diperbarui setiap hari dengan informasi terbaru.

"Layanan yang mudah digunakan ini memiliki potensi untuk mencapai 2 miliar orang dan memungkinkan WHO menyampaikan informasi langsung ke orang-orang yang membutuhkan," tulis WHO dalam siaran resminya, dikutip KompasTekno Senin (23/3/2020).

Saat pengguna mengakses layanan ini, WHO juga memberikan informasi resmi tentang topik-topik seperti bagaimana melindungi diri dari infeksi korona, saran wisata, dan membongkar mitos coronavirus baru, hingga layanan donasi.

Layanan chatbot ini masih menggunakan bahasa Inggris, namun kedepannya direncanakan akan tersedia dalam bahasa Arab, China, Perancis dan Spanyol.

Baca juga: Google Luncurkan Halaman Khusus Informasi Virus Corona

Di Indonesia sendiri, Pemerintah juga bekerja sama dengan WhatsApp meluncurkan akun chatbot WhatsApp Covid-19, yang bisa diakses masyarakat untuk mengetahui perkembangan pandemi virus corona di Indonesia.

Akun chatbot yang dikelola oleh pemerintah RI sendiri (bukan WHO) itu sudah bisa diakses masyarakat mulai Jumat (20/3/2020).

Masyarakat Indonesia bisa mengakses chatbot dengan menyimpan nomor +62811-3339-9000 atau dengan klik tautan berikut ini.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X