Facebook Sumbang 720.000 Masker untuk Tenaga Medis

Kompas.com - 24/03/2020, 18:03 WIB
Ilustrasi Facebook IstIlustrasi Facebook

KOMPAS.com - Raksasa jejaring sosial, Facebook, kembali menyaurkan sumbangan untuk penanganan wabah Covid-19 yang kian meluas.

Facebook kini membagikan sebanyak 720.000 masker dan 1,5 juta pasang sarung tangan untuk para pekerja medis. 

Menurut CEO Facebook, Mark Zuckerberg, semua masker dan sarung tangan tersebut berasal dari logistik cadangan yang sengaja dipersiapkan jika terjadi kebakaran hutan di wilayah California. 

"Facebook menyumbangkan logistik darurat kami berupa 720.000 masker yang kami persiapkan jika keadaan darurat kebakaran hutan kemungkinan berlanjut," ungkap Zuckerberg.

Menurutnya, semua masker dan sarung tangan tersebut akan disebarkan ke semua wilayah yang membutuhkan di dunia.

Ia juga mengatakan bahwa Facebook akan terus berkontribusi terhadap pemberantasan Covid-19 dan masih akan memberikan sejumlah sumbangan logistik.

Saat ini, jumlah permintaan terhadap alat medis berupa masker dan sarung tangan memang tengah melonjak seiring dengan wabah Covid-19 yang meluas. 

Baca juga: Facebook, Google, Twitter dkk Kerja Sama Perangi Hoaks Virus Corona

Pemerintah Amerika Serikat bahkan berencana membeli sebanyak 500 juta masker untuk selama 18 bulan ke depan. 

Dirangkum KompasTekno dari SFChronicle, Selasa (24/3/2020), sebelumnya, Facebook telah menyumbangkan sebanyak 375.000 masker dan 867.000 untuk para petugas medis. 

Adapun sarung tangan dan masker tersebut diserahkan kepada pejabat daerah di Alameda, Contra Costa, Marin, San Francisco, San Mateo, Santa Clara dan Santa Cruz, untuk mendistribusikan logistik ke rumah sakit.

Tak hanya Facebook, belakangan ini sejumlah perusahaan dan tokoh teknologi juga turut membantu menekan persebaran virus Covid-19. 

Baca juga: Facebook Blokir Iklan Penjual Masker Kesehatan

Salah satunya adalah Jack Ma. Pendiri raksasa e-commerce Alibaba tersebut berencana melakukan donasi melalui Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation.

Kedua yayasan tersebut akan melakukan donasi melalui pemerintah Afghanistan, Banglades, Kamboja, Laos, Maladewa, Mongolia, Myanmar, Nepal, Pakistan, dan Srilanka.

Adapun perlengkapan medis yang disumbangkan adalah, 1,8 juta masker, 210.000 test kit dan 36.000 baju pelindung, serta sejumlah perlengkapan medis penting seperti ventilator dan termometer.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X