Zoom Disebut Tidak Aman, Begini Cara Hapus Permanen Akunnya

Kompas.com - 08/04/2020, 08:14 WIB
Aplikasi Zoom Meeting. PlayStoreAplikasi Zoom Meeting.

KOMPAS.com - Aplikasi telekonferensi Zoom, kini tengah menjadi sorotan.

Bukan hanya karena digunakan banyak penduduk dunia yang sedang pyhsical distancing demi meminimalisasi wabah virus corona, tapi juga karena celah keamanan yang ada di dalamnya.

Baru-baru ini, dikabarkan ribuan video rekaman pertemuan virtual di Zoom, bocor di internet. Padahal, di dalam video tersebut, banyak informasi sensitif seperti wajah anak-anak yang sedang telekonferensi, pendapatan perusahaan, hingga konten asusila.

CEO Zoom, Eric Yuan bahkan mengakui jika aplikasinya tidak sepenuhnya aman. Ia pun berjanji akan menyelesaikan masalah privasi dan kemanan dama beberapa bulan ke depan.

Bahkan di beberapa negara bagian AS, Zoom sudah dilarang untuk digunakan.

Departemen Pendidikan New York telah melarang pengajar untuk menggunakan Zoom saat melakukan telekonferensi dengan para murid yang sedang belajar di rumah.

Baca juga: Khawatir Pakai Zoom? Ini 6 Aplikasi Meeting Online Alternatif

Mereka pun diarahkan untuk menggunakan aplikasi sejenis yang dianggap lebih aman, seperti Microsoft Teams dan akan melatih para guru serta staff departemen untuk menggunakannya.

Apabila Anda merasa salah satu yang sangat khawatir akan keamanan data pribadi akibat rentannya keamanan Zoom, menghapus akun bisa dipertimbangkan. Cara menghapus akun Zoom tidak sulit.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengunjungi situs Zoom di tautan berikut lalu log in ke akun Zoom. Kemudian, pergi ke menu "Admin" yang ada di sidebar kiri.

Klik Account Management lalu piluh Account Profile. Di sebelah kanan nantinya terdapat opsi Terminate my account, klik opsi tersebut lalu pilih yes untuk menghapus akun.

Cara menghapus akun Zoom, pilih Account Profil yang ditandai dengan kotak merah, kemudian klik Terminate my account di sebelah kanan yang juga ditandai dengan kotak merah, lanjutkan dengan memilih yes untuk menghapus akun.Zoom Cara menghapus akun Zoom, pilih Account Profil yang ditandai dengan kotak merah, kemudian klik Terminate my account di sebelah kanan yang juga ditandai dengan kotak merah, lanjutkan dengan memilih yes untuk menghapus akun.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Tech Radar
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X