Khawatir Pakai Zoom? Ini 6 Aplikasi Meeting Online Alternatif

Kompas.com - 07/04/2020, 20:31 WIB
Ilustrasi video call atau panggilan video. SHUTTERSTOCKIlustrasi video call atau panggilan video.

KOMPAS.com - Aplikasi telekonferensi Zoom yang menjadi salah satu aplikasi pilihan konferensi jarak jauh. Popularitas Zoom melesat sejak berbagai negara di dunia memberlakukan pembatasan, akibat pandemi virus corona.

Termasuk di Indonesia, Zoom menjadi alternatif karyawan bekerja dari rumah, dengan menggelar meeting/rapat online. Namun, Zoom dilanda isu keamanan, karena belakangan diketahui aplikasi tersebut tidak memiliki enkripsi end-to-end.

Hal tersebut memungkinkan pesan atau informasi yang disampaikan lewat Zoom berpotensi dicuri atau disadap oleh peretas. Sejumlah institusi pun mulai membatasi penggunaan Zoom ini.

Baca juga: Cara Mengamankan Telekonferensi Zoom dari Orang Tak Diundang

Lantas, selain Zoom, aplikasi apa lagi yang bisa dipakai untuk melakukan meeting online atau telekonferensi, selama masa work from home (bekerja dari rumah)?

Berikut adalah aplikasi alternatif Zoom yang dipilih KompasTekno, dirangkum dari Smartmeetings.com, Selasa (7/4/2020).

1. Whatsapp

Aplikasi WhatsApp.PlayStore Aplikasi WhatsApp.

Selain bisa digunakan untuk chatting, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk rapat kerja atau berdiskusi jarak jauh.

Anda bisa menggunakan fitur video call ini dengan kapasitas maksimal 4 orang. WhatsApp bisa diunduh di Google Play Store (Android) lewat tautan berikut ini, atau di App Store (iOS) lewat tautan berikut ini.

2. Google Hangsouts Meet

Aplikasi Google Hangouts Meet.PlayStore Aplikasi Google Hangouts Meet.

Aplikasi percakapan online milik Google ini mampu melakukan panggilan video dengan 250 pengguna sekaligus dalam sekali panggilan video.

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X