Awas, Aplikasi Kartu Prakerja Palsu Bertebaran di Play Store

Kompas.com - 15/04/2020, 12:06 WIB
Kartu Prakerja prakerja.go.idKartu Prakerja

KOMPAS.com - Pemerintah telah resmi membuka program Kartu Prakerja secara online sejak Sabtu (11/4/2020). Program pendaftaran akan berlangsung hingga besok Kamis (16/4/2020).

Kartu Prakerja merupakan inisiatif dari pemeritah untuk memberikan bantuan berupa biaya pelatihan dan insentif bagi para pekerja, pencari kerja, pelaku usaha mikro dan kecil yang kehilangan pekerjaan dan/atau mengalami penurunan daya beli akibat pandemi Covid-19.

Tak pelak, program ini pun segera menjadi daya tarik banyak orang. Namun perlu hati-hati dalam mencari informasi prakerja.

Sebab, banyak aplikasi abal-abal yang mencatut nama program prakerja dan tersebar di toko aplikasi Android, Play Store. Dari pantauan KompasTekno di Play Store, setidaknya ada sembilan aplikasi palsu yang membubuhkan nama "prakerja".

Baca juga: Begini Cara Kerja Sistem Pelacak Virus Corona Buatan Apple dan Google

Beberapa aplikasi pun sudah cukup banyak diunduh. Salah satunya aplikasi bernama "Cara Daftar Kartu Pra Kerja" yang dibuat oleh pengembang dengan nama "Grsapps".

Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 100.000 kali di Play Store. Salah satu calon peserta program prakerja sempat mengunduh aplikasi ini untuk mengetahui informasi cara pendaftaran kartu Prakerja.

Aplikasi Prakerja palsu beredar di Google Play Store.Kompas.com Aplikasi Prakerja palsu beredar di Google Play Store.

"Pas dibuka (aplikasi) itu sampah banget, enggak ada apa-apa. Setelah itu langsung aku uninstall," ujar salah satu calon peserta prakerja yang enggan disebutkan namanya itu kepada KompasTekno.

Baca juga: Mengatur Waktu saat Kerja dari Rumah Lewat Aplikasi Toggl

Ia mengatakan, aplikasi ini juga meminta izin untuk mengakses galeri dan kontak. Keluhan senada juga ditulis beberapa pengunduh di kolom ulasan aplikasi. Ada yang menyebutnya banyak mengandung iklan.

Cara mengakses informasi resmi soal program Kartu Prakerja

Aplikasi palsu semacam di atas berpotensi sebagai aplikasi berbahaya. Biasanya, aplikasi tersebut berisi adware yang membuat seringnya muncul berbagai iklan mengganggu. Tidak cuma mengganggu, iklan-iklan itu juga bisa menyedot kuota data atau pulsa pengguna.

Baca juga: Ancaman Malware di Perangkat Mac Kini Lampaui Windows

Tidak menutup kemungkinan pula, aplikasi ini memuat malware yang bisa mengancam data penting seperti kontak, galeri, bahkan perbankan yang tersimpan di perangkat. Apalagi jika pengguna mengizinkan aplikasi mengakses galeri atau kontak pengguna.

Hingga sekarang, pemerintah belum membuat aplikasi khusus untuk program prakerja yang bisa diunduh di toko aplikasi. Satu-satunya akses informasi resmi yang disediakan adalah melalui situs prakerja.go.id di tautan berikut.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X