Pemerintah Larang Mudik, Telkomsel Optimasi Jaringan di Wilayah Permukiman

Kompas.com - 21/04/2020, 16:45 WIB
Ilustrasi BTS 4G Telkomsel di salah satu titik di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur KOMPAS.com/Bill ClintenIlustrasi BTS 4G Telkomsel di salah satu titik di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Telkomsel memperkirakan akan ada peningkatan trafik sekitar 20 persen dibandingkan hari biasa pada momen Ramadhan dan Idul Fitri ( RAFI) tahun ini.

Untuk mengantisipasi lonjakan tersebut, Telkomsel akan melakukan optimasi terhadap kualitas dan kapasitas jaringan di 436 titik strategis (point of interest/POI), khususnya di wilayah permukiman penduduk.

Fokus optimalisasi titik strategis pada momen Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini memang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Pada tahun ini penguatan jaringan Telkomsel terpusat di wilayah permukiman, alih-alih tempat wisata. Hal tersebut disebabkan oleh wabah Covid-19 yang membuat pemerintah mengimbau agar masyarakat tidak mudik dan tetap di rumah.

"Karena kondisi PSBB dan ada imbauan untuk tidak mudik, 309 titik POI adalah area pemukiman atau area apartemen dan perumahan yang padat poulasi," ujar Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro dalam video conference lewat CloudX, Selasa (21/4/2020). 

Baca juga: Jelang Ramadhan dan Idul Fitri, Telkomsel Optimasi Jaringan Secara Virtual

Kendati demikian, Anto tidak memaparkan secara rinci titik mana saja yang menjadi fokus penguatan jaringan Telkomsel menyambut RAFI 2020. 

Direktur Network Telkomsel, Venusiana Papasi, menambahkan bahwa 309 titik POI ini dipilih karena memang terpantau menyumbang trafik yang tinggi. 

Direktur Network Telkomsel, Venusiana Papasi saat memaparkan kesiapan jaringan Telkomsel di RAFI 2020 lewat video conference, Selasa (21/4/2020). KOMPAS.com/Bill Clinten Direktur Network Telkomsel, Venusiana Papasi saat memaparkan kesiapan jaringan Telkomsel di RAFI 2020 lewat video conference, Selasa (21/4/2020).

"Ada banyak kawasan permukiman di Indonesia. Kenapa dipilih 309 titik POI karena itu yang menunjukkan kenaikan trafik yang lumayan (tinggi) payload-nya dibanding (daerah) yang lain," jelas wanita yang biasa disapa Venus ini. 

Ia juga mengatakan, dalam masa pandemi ini, kemungkinan peningkatan di wilayah permukiman akan lebih tinggi daripada tempat wisata.

Venus melanjutkan bahwa kebutuhan jaringan di tempat wisata sendiri sebenarnya sudah bisa diakomodir dengan kapasitas jaringan normal. 

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X