MIUI 12 Baru Meluncur, Xiaomi Sudah "Bocorkan" MIUI 13

Kompas.com - 02/05/2020, 08:09 WIB
Ilustrasi antarmuka Xiaomi MIUI 12. Giz ChinaIlustrasi antarmuka Xiaomi MIUI 12.

KOMPAS.com - Xiaomi baru saja merilis antarmuka terbarunya MIUI 12 beberapa hari lalu. Peluncuran MIUI 12 pun bebarengan dengan rilis smartphone terbarunya, Mi 10 edisi Youth.

Belum genap seminggu diperkenalkan, Xiaomi sudah bergegas menggarap MIUI 13. Kabar ini bahkan datang dari pihak Xiaomi langsung, bukan sekadar rumor belaka.

Xioami tidak gamblang mengatakan sedang menggarap MIUI 13. Melalui tim MIUI User Research Team, Xiaomi mengunggah sebuah unggahan di forum online Mi Community di China sesaat setelah pengumuman MIUI 12.

Postingan tersebut mengatakan bakal ada pembaruan software besar-besaran yang akan rilis tahun 2021.

Dalam unggahan tersebut, Xiaomi juga mengajak Mi Fans untuk berpartisipasi dalam sebuah jajak pendapat bertajuk Feature Design Survey.

Survei tersebut menanyakan sejumlah detail dari peserta, seperti wilayah, usia, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Xiaomi Resmi Rilis MIUI 12, Apa Saja yang Baru?

Dihimpun KompasTekno dari Gadget 360, Jumat (1/5/2020), jajak pendapat ini menjadi indikasi bahwa penerus MIUI 12 sudah mulai dipersiapkan dan masuk ke tahap sangat awal.

Masih terlalu dini untuk mengulik fitur-fitur baru apa saja yang akan dibawa di MIUI 13 nanti. Namun, jika berkaca pada pembaruan yang ada pada MIUI 12, Xiaomi membuat sejumlah perubahan yang cukup signifikan dibandingkan MIUI 11.

MIUI 12 sendiri sudah membawa sejumlah fitur baru seperti Dark Mode 2.0 yang mampu menyesuaikan gambar (wallpaper) serta jenis tulisan (font) ponsel dengan lingkungan sekitar pengguna.

Ada pula fitur Sensory Visual Design, yang memungkinkan pengguna untuk melihat grafik data diagram yang berkaitan dengan penggunaan ponsel, misalnya saja saat membuka menu storage.

Baca juga: Daftar Ponsel Xiaomi yang Akan Kebagian MIUI 12

MIUI 12 juga memiliki fitur AI Calling yang bisa menjawab panggilan telepon secara otomatis dengan beragam bahasa dan masih banyak fitur baru lainnya. Xiaomi sendiri kini fokus untuk menyebar MIUI 12 ke sejumlah ponsel mulai Juni mendatang di China.

Vendor asal China itu membagi penyebaran MIUI 12 menjadi tiga tahap. Namun, belum diketahui kapan pengguna global akan mendapatkan pemabruan MIUI 12.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X