Facebook Perkenalkan "Shops" untuk Jualan Online, Seperti Apa?

Kompas.com - 20/05/2020, 09:18 WIB
Ilustrasi Facebook IstIlustrasi Facebook

KOMPAS.com -  Facebook memperkenalkan Shops. Fitur baru ini memungkinkan penggunanya untuk menjual dan mempromosikan bisnis yang dilakoni lewat halaman Facebook dan Instagram.

Meski selama ini pengguna sudah bisa berjualan melalui fitur "Marketplace" yang sebelumnya sudah hadir, Facebook Shops akan mempermudah pengguna dalam berjualan online.

Sebab, produk yang terdaftar melalui Facebook Shops, nantinya akan dapat terintegrasi dengan Instagram. 

Para pemilik usaha dapat mengunggah katalog produk yang mereka jual dan mempromosikan bisnisnya di dua platform sekaligus. Dengan demikian, penjual akan dapat menjaring pembeli baik dari Facebook maupun Instagram.

Baca juga: Facebook Akuisisi Giphy Senilai Rp 6 Triliun

"Ini adalah satu pengalaman sederhana di seluruh rangkaian aplikasi, yang mempermudah orang-orang," ungkap CEO Facebook, Mark Zuckerberg.

Zuckerberg juga mengatakan bahwa Facebook Shops merupakan sebuah inisiasi untuk mendukung pelaku usaha kecil di tengah pandemi Covid-19. 

Menurut Zuckerberg, saat ini ada sebanyak lebih dari 160 juta pelaku usaha kecil yang menggunakan Facebook untuk menjual produknya.  

Dalam beberapa waktu ke depan, Shops juga akan terintegrasi dengan WhatsApp dan Facebook Messenger.

Nantinya, pelaku bisnis akan dapat menjual produk mereka kepada pelanggan melalui obrolan di WhatsApp, Facebook Messenger, dan Instagram Direct.

Namun, pihak Facebook belum memberikan rincian terkait kapan kehadiran Shops di dua platform pesan instan tersebut. 

Dengan Facebook Shops, para pelaku bisnis dapat mengunggah katalog produk, menampilkan produk pada halaman depan, dan dapat menyesuaikan gambar sampul dengan berbagai pilihan warna.

Hal itu dilakukan untuk mempermudah dan menarik perhatian pelanggan dalam memilih produk apa yang ingin mereka pesan.

Baca juga: Facebook Gaming Rilis Fitur Tournaments untuk Pengguna di Indonesia

Dirangkum KompasTekno dari CNBC, Rabu (20/5/2020), kedepannya pengguna juga dapat menampilkan dan menautkan video pendek untuk mempromosikan produk melalui Facebook Shops.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X