Trafik Zoom di Jaringan Tri Melonjak Saat Lebaran

Kompas.com - 28/05/2020, 16:03 WIB
Hutchison Tri (3) Indonesia. KOMPAS.com/Reska K. NistantoHutchison Tri (3) Indonesia.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Operator seluler Hutchison 3 ( Tri) Indonesia mencatat adanya kenaikan trafik data di perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H lalu.

Secara garis besar, trafik data Tri pada momen lebaran tersebut diklaim meningkat sekitar 57 persen dibanding periode yang sama tahun lalu, atau naik 19 persen dibanding hari biasa (sebelum pembatasan sosial berskala besar/PSBB).

Berdasarkan penuturan pihak Tri, peningkatan tersebut didominasi oleh pelanggan yang mengakses aplikasi video telekonferensi seperti WhatsApp, Zoom, hingga Google Duo.

Bahkan, penggunaan Zoom di hari pertama Idul Fitri 2020 diklaim melonjak 87 persen dibanding dengan satu hari sebelumnya. 

Baca juga: Daftar Cashback dan Bonus Isi Ulang Tri Indonesia

Tak aneh memang lantaran saat ini pengguna dianjurkan untuk tidak keluar rumah ketika ingin sekadar bersilaturahmi demi memutus rantai penyebaran Covid-19.

Sebagai alternatif, pengguna bisa mengandalkan beragam aplikasi video telekonferensi yang sudah tersebar secara luas, salah satunya Zoom tadi.

“Pandemi (Covid-19) ini menjadikan silaturahmi lebih terbatas," tutur Wakil Presiden Direktur Hutchison 3 Indonesia, M. Danny Buldansyah, dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Kamis (28/5/2020).

"Komunikasi pun terjalin secara virtual dengan mengandalkan aplikasi pesan serta layanan panggilan video/telekonferensi," tambah Danny.

TikTok melonjak, SMS turun

Selain aplikasi video telekonferensi, trafik data dari penggunaan aplikasi Instagram dan TikTok juga turut melonjak dibanding momen lebaran tahun lalu. Namun, tak disebutkan berapa peningkatannya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X