Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trafik Zoom di Jaringan Tri Melonjak Saat Lebaran

Kompas.com - 28/05/2020, 16:03 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Operator seluler Hutchison 3 (Tri) Indonesia mencatat adanya kenaikan trafik data di perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H lalu.

Secara garis besar, trafik data Tri pada momen lebaran tersebut diklaim meningkat sekitar 57 persen dibanding periode yang sama tahun lalu, atau naik 19 persen dibanding hari biasa (sebelum pembatasan sosial berskala besar/PSBB).

Berdasarkan penuturan pihak Tri, peningkatan tersebut didominasi oleh pelanggan yang mengakses aplikasi video telekonferensi seperti WhatsApp, Zoom, hingga Google Duo.

Bahkan, penggunaan Zoom di hari pertama Idul Fitri 2020 diklaim melonjak 87 persen dibanding dengan satu hari sebelumnya. 

Baca juga: Daftar Cashback dan Bonus Isi Ulang Tri Indonesia

Tak aneh memang lantaran saat ini pengguna dianjurkan untuk tidak keluar rumah ketika ingin sekadar bersilaturahmi demi memutus rantai penyebaran Covid-19.

Sebagai alternatif, pengguna bisa mengandalkan beragam aplikasi video telekonferensi yang sudah tersebar secara luas, salah satunya Zoom tadi.

“Pandemi (Covid-19) ini menjadikan silaturahmi lebih terbatas," tutur Wakil Presiden Direktur Hutchison 3 Indonesia, M. Danny Buldansyah, dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Kamis (28/5/2020).

"Komunikasi pun terjalin secara virtual dengan mengandalkan aplikasi pesan serta layanan panggilan video/telekonferensi," tambah Danny.

TikTok melonjak, SMS turun

Selain aplikasi video telekonferensi, trafik data dari penggunaan aplikasi Instagram dan TikTok juga turut melonjak dibanding momen lebaran tahun lalu. Namun, tak disebutkan berapa peningkatannya.

Sebaliknya, layanan SMS dan suara (voice) justru mengalami penurunan sekitar 20 persen dan 40 persen jika dibandingkan dengan momen Idul Fitri tahun lalu.

Tri menyebutka bahwa sebagian besar pelanggan kini memang sudah beralih menggunakan layanan aplikasi video/telekonferensi.

Baca juga: Jumlah Pengguna Zoom Terus Naik meskipun Ada Isu Keamanan

Sebelumnya, untuk mengantisipasi lonjakan trafik di momen lebaran, Tri telah melakukan beragam upaya peningkatan kapasitas jaringan. 

Beberapa di antaranya seperti meningkatkan kualitas jaringan di 216 point of interest (POI), membangun sekitar 2.500 BTS baru, menyediakan 18 unit Cell on Wheels (COW), serta menambah kapasitas jaringan di area pemukiman dan rumah sakit rujukan Covid-19.  

"Optimisasi dan peningkatan kualitas jaringan 4.5G Pro yang telah kami lakukan telah berhasil mengantisipasi kenaikan lalu lintas data dengan baik dan menjaga koneksi pelanggan Tri selama Hari Raya Idul Fitri,” jelas Danny.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com