Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Rilis CatchUp, Aplikasi untuk Telepon 8 Orang Sekaligus

Kompas.com - 28/05/2020, 13:29 WIB
Conney Stephanie,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi


KOMPAS.com -
 Facebook merilis sebuah aplikasi baru. Aplikasi bernama CatchUp ini memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan suara ramai-ramai. 

CatchUp dapat menampung sebanyak delapan peserta secara bersama-sama. Meski dibuat oleh Facebook, untuk dapat menggunakan CatchUp, pengguna tidak diwajibkan memiliki akun media sosial Facebook atau aplikasi lainnya. 

Lewat aplikasi ini, pengguna dapat melakukan panggilan audio melalui daftar kontak ponsel yang dimiliki.

Istimewanya, aplikasi ini dapat menampilkan status pengguna apakah ia sedang dapat dihubungi telepon atau tidak. 

Menurut pihak Facebook, kebanyakan orang tidak mengetahui apakah lawan bicara yang akan dihubungi sedang dalam kondisi siap atau tidak untuk menerima panggilan telepon. 

Ide itulah yang mendasari pembuatan aplikasi CatchUp. Sebab, dengan aplikasi ini pengguna bisa melihat apakah orang yang akan dihubungi berkenan menerima panggilan telepon atau tidak.  

Baca juga: Facebook Messenger Rooms Sudah Bisa Dicoba di Indonesia

"Kami menemukan bahwa salah satu alasan utama orang tidak sering menelepon adalah karena mereka tidak tahu kapan mereka bisa berbicara atau khawatir mereka akan menghubungi lawan bicara pada waktu yang tidak tepat," tulis Nikki Shah, Product Lead Facebook melalui blog resminya.

Aplikasi ini berbeda dengan WhatsApp atau platform sejenisnya. CatchUp dibuat hanya untuk panggilan audio, bukan video.   

Dalam aplikasi, Facebook turut menawarkan opsi pengaturan privasi kepada pengguna
sehingga mereka dapat mengontrol siapa saja partisipan yang dapat bergabung dalam panggilan grup.

CatchUp juga menampilkan opsi "Ready to Talk" yang memungkinkan pengguna dapat langsung bergabung apabil,a mereka telah diundang untuk melakukan panggilan grup.

Sayangnya, CatchUp baru tersedia untuk wilayah Amerika Serikat. Belum diketahui apakah aplikasi ini akan segera dirilis untuk wilayah lain atau tidak.  

Aplikasi ini dibuat oleh tim New Product Experimentation (NPE) di Facebook sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TechCunch, Kamis (28/5/2020).

Tim ini mendapat tugas untuk membuat sejumlah aplikasi baru yang terpisah dari platform Facebook, guna menguji respon pengguna terkait kegunaan aplikasi tersebut.

Baca juga: Facebook Akuisisi Giphy Senilai Rp 6 Triliun

Sejauh ini, tim NPE telah menciptakan beberapa produk seperti aplikasi pembuat gambar Whale, platform jejaring sosial Bump, hingga aplikasi musik DJ Aux.

Produk teranyarnya adalah Tuned yaitu aplikasi yang dirancang khusus untuk pasangan.

Facebook mengatakan bahwa, melalui aplikasi Tuned, pasangan bisa berkomunikasi "apa adanya" seperti saat benar-benar bertemu muka.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com