Pengiriman Perangkat "Wearable" Tumbuh di Tengah Pandemi Covid-19

Kompas.com - 04/06/2020, 07:00 WIB
ilustrasi AirPods Apple twitter.com/@Gizchinailustrasi AirPods Apple
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Meski pandemi Covid-19 tengah melanda dunia, jumlah pengiriman perangkat wearable selama kuartal pertama (Q1) 2020, meningkat dari periode yang sama di tahun lalu.

Menurut laporan firma riset IDC, pengiriman (shipment) perangkat wearable secara global pada Q1 2020 mencapai 72,6 juta unit. Angka tersebut melonjak 29,7 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Dari 72,6 juta unit perangkat wearable yang dikirimkan, Apple berada di posisi teratas dengan pengiriman perangkat wearable mencapai 21,2 juta unit (29,3 persen), atau tumbuh nyaris 60 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Menurut IDC, peningkatan pangsa pasar Apple didorong oleh performa pengiriman produk seri Beats dan AirPods yang cukup bagus.

Jitesh Urbani, Research Manager IDC, mengatakan bahwa selama pandemi Covid-19 ini, perangkat seperti earphone dan headphone dapat bertahan di tengah kondisi sulit.

Baca juga: Realme Watch Resmi, Mirip Apple Watch tapi Jauh Lebih Murah

Bahkan IDC mencatat, perangkat dengan kategori ini menyumbang 54,9 persen dari keseluruhan pangsa pasar wearable.

Kedua produk tersebut diklaim mampu mendongkrak pengiriman produk seri Apple Watch yang justru mengalami penurunan mencapai 2,2 persen.

"Konsumen mengatakan bahwa earphone canggih ini tidak hanya untuk memutar audio, tetapi juga untuk meningkatkan produktivitas. Sebab, banyak dari mereka yang bekerja dari rumah mencari cara untuk mengurangi kebisingan di sekitarnya," ungkap Jitesh.

Di bawah Apple ada Xiaomi yang tercatat berhasil mengirim sekitar 10,1 juta unit perangkat di Q1 2020.

Pengiriman perangkat wearable kuartal pertama 2020 berdasarkan IDC.IDC Pengiriman perangkat wearable kuartal pertama 2020 berdasarkan IDC.
Pangsa pasar yang diperoleh Xiaomi sendiri tercatat mencapai 14 persen, atau meningkat 56,4 persen dibandingkan Q1 tahun lalu berkat bisnisnya yang terus merambah ke luar China.

Tiga vendor lain di bawah Xiaomi mencakup Samsung, Huawei, Fitbit yang masing-masing mengirimkan 8,6 juta, 8,1 juta, 2,2 juta unit perangkat wearable. Secara berurutan, pangsa pasar ketiga vendor ini adalah 11,9 persen, 11,1 persen, dan 3 persen.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber IDC
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X