Twitter Mulai Uji Coba "Fleets", Fitur Mirip Instagram Stories

Kompas.com - 11/06/2020, 10:21 WIB
Fitur Fleets di Twitter androidcentral.comFitur Fleets di Twitter

KOMPAS.com - Setelah diperkenalkan beberapa bulan lalu, Twitter mulai menguji coba fitur " Fleets" pada platform-nya di sebagian negara.

Fleets sendiri merupakan fitur untuk berbagi foto, video, atau konten lainnya dengan durasi tayang 24 jam sebelum terhapus sendiri. Fitur ini sangat mirip dengan Instagram Stories.

Meski belum tersedia secara global, lewat sebuah video singkat, Twitter India mengumumkan bahwa fitur ini tengah diuji coba untuk pengguna di negara tersebut.

Managing Director Twitter India, Manish Maheshwari mengatakan bahwa, India merupakan salah satu pasar terbesar Twitter saat ini dan termasuk satu dari tiga negara pertama yang akan memperoleh fitur "Fleets" tersebut.

Baca juga: Facebook dan Twitter Hapus Video Kampanye Donald Trump

"India penting bagi Twitter karena merupakan salah satu pasar terbesar kami. Kami senang dapat mengujicoba Fleets di India dan menjadikannya salah satu dari tiga negara pertama di dunia yang merasakan fitur ini," kata Manish dalam sebuah pernyataan.

Twitter pun mencatat bahwa saat ini mereka memiliki sekitar 55 juta pengguna aktif di India pada bulan April lalu sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tech Crunch, Rabu (10/6/2020).

Product Manager Twitter, Mo Aladham mengatakan bahwa fitur ini hadir untuk memberikan alternatif bagi pengguna Twitter yang kurang nyaman membuat twit karena bersifat publik dan mengendap di profil pengguna secara permanen.

"Kami ingin membuat Anda bisa memiliki percakapan dengan cara baru dan tanpa tekanan, lebih banyak kontrol, melampaui tweet dan pesan langsung," kata Aladham dalam sebuah posting blog.

Tidak hanya teks, pengguna dapat mengunggah GIF, foto, dan video lewat fitur Fleet ini.

Nantinya, unggahan Fleet dari akun yang diikuti akan berada di sisi atas timeline layaknya tampilan Instagram Stories.

Baca juga: Twitter dan Reddit Kompak Lawan Kebijakan Visa Amerika Serikat

Pengguna juga bisa memberikan emoji, like, atau membalas Fleet melalui pesan langsung dan membuat percakapan di sana. Dengan cara ini, unggahan tidak akan terlihat publik dan tidak akan mendapatkan retweet.

Untuk sementara, fitur Fleets ini baru diuji coba di tiga negara yaitu Brasil, Italia, dan India.

Twitter pun belum menginformasikan kapan fitur Fleets tersebut mulai tersedia secara global. Kita tunggu saja.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber TechCrunch
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X