Xiaomi Mi Band 5 Resmi Meluncur, Punya NFC dan Bisa Diajak Ngobrol

Kompas.com - 12/06/2020, 15:07 WIB
Deretan warna Mi Band 5 XiaomiDeretan warna Mi Band 5

KOMPAS.com - Xiaomi resmi meluncurkan gelang pintar terbaru, Mi Band 5 untuk pasar di China. Gelang pintar terbaru Xiaomi ini memiliki peningkatan kemampuan software, fitur NFC, pembacaan yang lebih akurat, dan perintah suara.

Ada dua varian Xiaomi Mi Band 5 yang diluncurkan Xiaomi di China, satu memiliki fitur teknologi near field communication (NFC), dan satu tidak.

Selain perbedaan pada fitur NFC, keduanya mengusung spesifikasi yang serupa, seperti layar AMOLED ukuran 1,1 inci. Ukuran layar tersebut lebih besar dibandingkan Mi Band keluaran sebelumnya, 0,95 inci.

Implementasi penggunaan NFC di Xiaomi Mi Band 5 antara lain digunakan untuk pembayaran cashless (non-tunai).

Baca juga: Alasan Xiaomi Indonesia Tidak Hadirkan Fitur NFC di Redmi Note 9

Sensor-sensor yang disematkan dalam Mi Band 5 juga tidak banyak berubah dari versi pendahulunya, seperti akselerometer, monitor detak jantung, barometer, dan giroskop.

Namun, Xiaomi Mi Band 5 kini dilengkapi dengan software yang telah ditingkatkan, dan terdapat 11 mode profesional yang bisa dipilih.

Mode tersebut memberikan pembacaan yang lebih mendetail dan presisi. Contohnya kemampuan mendeteksi lima macam gaya berenang yang berbeda-beda secara otomatis. Gelang pintar ini sendiri memiliki ketahanan hingga kedalaman 50 meter di bawah air.

Ada pula skor PAI (Personal Activity Intelligence) yang bisa memprediksi seberapa besar dampak olahraga menggunakan Mi Band terhadap kebugaran tubuh penggunanya.

Kemampuan pemantau detak jantung di Mi Band 5 pun telah ditingkatkan Xiaomi, yang akurasinya kini diklaim lebih tinggi dan menyamai pembacaan sensor detak jantung milik Apple Watch.

Baca juga: Melawan Serangan Jantung dengan Smartwatch

Xiaomi juga menyertakan fitur perintah suara (voice assistant) di Mi Band 5. Pengguna bisa mengobrol dengan gelang pintar ini untuk menjalankan perintah tertentu. Namun implementasinya untuk wilayah di luar China belum diketahui.

Untuk urusan baterai, dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Jumat (12/6/2020), baterai Xiaomi Mi Band 5 diklaim dapat bertahan hingga 14 hari. Pengisian baterai pun kini menggunakan bidang magnet di bagian belakang Mi Band 5.

Soal harga, Xiaomi Mi Band 5 versi non-NFC dijual di China dengan banderol harga 189 Yuan (setara Rp 380.000). Sedangkan harga Xiaomi Mi Band 5 versi NFC dibanderol harga 229 Yuan (Rp 460.000). Xiaomi Mi Band 5 dijual di pasar China mulai 18 Juni.

Belum ada informasi soal ketersediaan Xiaomi Mi Band 5 untuk wilayah Indonesia.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X