YouTube Bisa Dibuat Bebas Iklan dengan Trik Sederhana Gara-gara "Bug"

Kompas.com - 15/06/2020, 18:42 WIB
Ilustrasi logo YouTube MashableIlustrasi logo YouTube

KOMPAS.com - YouTube kerap menyisipkan iklan di tayangan video untuk pengguna non-premium. Namun, seorang pengguna forum online Reddit belakangan bahwa layanan streaming tersebut bisa dibuat memutar video tanpa iklan.

Caranya sederhana, yakni cukup dengan menambahkan tanda titik (.) setelah akhiran ".com" dari alamat video YouTube yang ingin diakses di kolom URL.

Misalnya, ketika pengguna ingin mengakses tautan https://www. youtube.com/watch , maka tambahkan tanda titik hingga tautan berubah menjadi https://www.youtube.com./watch. Video yang bersangkutan pun bakal ditayangkan tanpa iklan.

Baca juga: Kalkulator Dioprek Jadi Bisa Internetan, Casio Tuntut YouTube

Menurut pengguna Rreddit bernama unicorn4sale itu, trik sederhana di kolom URL ini bisa diterapkan pada browser desktop maupun mobile. Namun khusus pada browser mobile, pengguna harusmemilih opsi "request desktop site" terlebih dahulu.

Mengapa trik ini bisa membuat YouTube memutar video tanpa iklan? Sebabnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Next Web, Senin (15/6/2020), adalah penambahan tanda titik di URL itu memicu bug yang membuat situs tidak melakukan normalisasi hostname.

Akibatnya, situs tetap menampilkan konten -dalam hal ini video- tapi beberapa fungsi lain tak berjalan, termasuk cookies dan penayangan iklan.

Baca juga: Begini Cara Mudah Download Video YouTube di Smartphone

Bug URL ini dilaporkan tak hanya terbatas pada YouTube saja, ataupun konten video, melainkan bisa juga dilakukan untuk konten jenis lain seperti artikel di website. Tapi mungkin hanya soal waktu saja sebelum celah tersebut ditambal.

Untuk pengguna yang ingin cara "resmi" untuk bebas iklan, YouTube sendiri menyediakan opsi berlangganan berupa YouTube Premium. Layanan ini menawarkan akses tanpa iklan, akses gratis YouTube Music dan opsi untuk mengunduh video.

YouTube Premium mengenakan tarif berlangganan sebesar Rp 59.000 per bulannya. YouTube juga menyediakan paket yang lebih murah berupa YouTube Family yang memiliki banderol harga Rp 89.000. Bedanya paket ini dapat digunakan oleh lima pengguna sekaligus.



Sumber TNW
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X