Samsung Bikin Ponsel 6 Kamera dengan Lensa yang Bisa Dimiringkan?

Kompas.com - 19/06/2020, 07:04 WIB
Paten smartphone Samsung gizmochina.comPaten smartphone Samsung

KOMPAS.com - Vendor ponsel Samsung menciptakan inovasi baru kamera ponsel. Pabrikan Korea Selatan itu telah mematenkan modul kamera belakang 6 lensa, yang terdiri atas 5 lensa sudut ebar dan satu lensa zoom periskop.

Uniknya, lensa sudut lebar (wide) dalam paten tersebut bisa bergerak miring ke kanan/kiri atau ke atas. Paten tersebut diajukan Samsung pada Desember 2019 lalu kepada WIPO (World Intellectual Property Office) dan telah diterbitkan pada 11 Juni kemarin.

Berdasarkan paten yang diajukan, lensa sudut lebar memiliki jangkauan fokal 28 mm. Dalam mode normal, kamera ini menghadap lurus seperti biasa. Namun saat dua lensa (atau lebih) dimiringkan, maka foto dengan jangkauan fokal lebih lebar dimungkinkan.

Ilustrasinya digambarkan dalam diagram di bawah ini.

Paten smartphone Samsunggizmochina.com Paten smartphone Samsung

Baca juga: Vivo X50 Pro Meluncur dengan Gimbal di Kamera

Dua lensa yang dimiringkan membentuk sudut lebih lebar, memungkinkan pengguna memotret panorama, tanpa harus menggerakkan smartphone dari kiri ke kanan (atau atas ke bawah), seperti yang dilakukan selama ini.

Tak hanya itu, lensa yang dimiringkan bersamaan untuk membentuk satu foto itu juga  menawarkan efek "Pano Bokeh", efek blur di latar belakang foto sudut lebar.

Dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Jumat (19/6/2020), teknologi lensa bergerak ini juga memungkinkan lima sensor kamera dapat bekerja secara bersamaan membentuk satu foto yang "dijahit", sehingga hasil foto yang maksimal.

Baca juga: Xiaomi Mi 10 Youth 5G Resmi, Punya Kamera Periskop Harga Rp 4,6 Juta

Meski menawarkan berbagai kelebihan, namun mekanisme bentuk kamera seperti ini dinilai terlalu mahal apabila ingin dihadirkan pada smartphone, atau diproduksi secara massal untuk saat ini.

Kendati begitu, hal ini baru sebatas pengajuan paten semata, dan belum dapat dipastikan apakah ponsel dengan mekanisme lensa kamera yang dapat bergerak tersebut akan benar-benar direalisasikan oleh Samsung.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Gizmochina
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X