Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Gangguan Jaringan di Sumatera, Ini Penjelasan Telkomsel

Kompas.com - 11/08/2020, 18:44 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Layanan Telkom dan Telkomsel mengalami gangguan di Pekanbaru, Riau, Selasa (11/8/2020) sore.

Gangguan layanan ini disebabkan oleh kebakaran yang melanda Gedung Telkom yang terletak di Jalan jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru, Riau, sekitar pukul 14.30 WIB.

Dalam insiden itu, fasilitas Sentra Telepon Otomat (STO) Telkom ikut terdampak, mengakibatkan layanan Telkom dan Telkomsel mengalami gangguan.

Pelanggan Telkomsel mengeluhkan tidak ada jaringan, baik untuk telepon, SMS, dan koneksi internet.

Sedangkan untuk layanan internet IndiHome yang tercatu dari STO tersebut yang umumnya pelanggan berlokasi di kota Pekanbaru juga mengalami gangguan.

"Kejadian tersebut berdampak pada layanan panggilan suara dan SMS untuk sementara ini belum dapat digunakan, dan ada penurunan kualitas akses data di sejumlah wilayah di Sumatera," jelas Denny Abidin, Vice President Corporate Communication Telkomsel, dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno.

Baca juga: Harga Paket Internet Telkomsel Simpati, Kartu AS, dan Loop Agustus 2020

"Kami menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan yang terdampak atas gangguan dan ketidaknyamanan yang terjadi," ucap Denny.

Terganggunya layanan Telkomsel membuat beberapa warga setempat kebingungan. Hingga Selasa petang, jaringan Telkomsel dilaporkan masih belum bisa diakses.

"Ya, kaget juga handphone tiba-tiba jaringannya mati. Saya kira handphone yang rusak. Pas tanya tetangga ternyata memang jaringan Telkomsel yang mati," ujar salah seorang warga Pekanbaru, Widi (30) saat diwawancarai Kompas.com, Selasa.

Beberapa pengguna Telkomsel di Sumatera juga mengungkap hal senada melalui Twitter. Seperti pengguna dengan nama akun @ladydaisy yang mengaku sinyal mengalami gangguan sejak pukul 14.00 waktu setempat.

Twit senada juga diunggah beberapa pengguna Telkomsel lainnya.

Denny menambahkan saat ini tim teknis Telkomsel masih berupaya maksimal untuk memulihkan layanan secara keseluruhan agar dapat berjalan normal kembali. Informasi lebih lanjut terkait pemulihan layanan akan dikabarkan secara berkala nantinya.

Baca juga: Sempat Gangguan, Layanan Telkomsel di Sumatera Kembali Normal


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com