Sama-sama "Ultra", Ini Beda Samsung Galaxy Note 20 dan S20 Versi Termahal

Kompas.com - 11/08/2020, 14:31 WIB
Galaxy Note 20 Ultra Kompas.com/Wahyunanda KusumaGalaxy Note 20 Ultra

KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya dalam seri Galaxy Note, Samsung membubuhkan embel-embel penamaan "Ultra" di salah satu model teratas Galaxy Note 20 series.

Penggunaan kata Ultra ini sebenarnya bukan hal baru. Perusahaan asal Korea Selatan tersebut pertama kali "menempelkan" kata Ultra di seri Galaxy S20, yang resmi diperkenalkan Februari lalu.

Meski kompak mengusung nama Ultra, namun ada perbedaan antara Galaxy S20 Ultra dan Note 20 Ultra, yang diluncurkan Samsung secara virtual pada Rabu (5/8/2020).

Perbedaan yang paling mencolok tentunya terdapat di aksesori bawaan Note 20 Ultra, yakni stylus S Pen, yang tidak dimiliki Galaxy S20 Ultra. Wajar saja karena stylus tersebut merupakan aksesori khas seri Galaxy Note.

Baca juga: Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra Sudah Dapat Update Sebelum Disebar

Terlepas dari itu, apa saja perbedaan dan persamaan kedua ponsel tersebut? Yuk, simak detail lengkapnya berikut, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari DigitalTrends, Selasa (11/8/2020).

Desain

Dari segi tampilan, Galaxy Note 20 Ultra dan S20 Ultra memiliki layar berdesain "Infinity-O" dengan kedua sisi (kiri dan kanan) melengkung (curved).

Layar yang diusung juga memiliki jenis dan ukuran yang serupa, yakni Dynamic AMOLED 2X dengan diagonal 6,9 inci, serta dukungan resolusi QHD, refresh rate 120 Hz, dan HDR10+.

Meski demikian, keempat ujung sisi layar Galaxy Note 20 Ultra tampil lebih mengotak (squared), sementara S20 Ultra mengusung desain yang terkesan membulat (rounded).

 

Tampilan depan Galaxy S20 Ultra (kiri) dan Note 20 Ultra (kanan).GSMArena Tampilan depan Galaxy S20 Ultra (kiri) dan Note 20 Ultra (kanan).

Beralih ke bagian punggung, cangkang kedua ponsel juga sebenarnya sama-sama bermateri kaca.

Namun, Galaxy Note 20 Ultra dipoles dengan sentuhan matte yang tebilang lebih nyaman digenggam dibanding nuansa licin dan mengilap bak kaca di Galaxy S20 Ultra.

Selain itu, punggung mengilap juga biasanya rentan terhadap bekas sidik jari (fingerprint) dibanding lapisan matte atau doff.

Baca juga: Samsung Hadirkan Xbox Game Pass di Galaxy Note 20

Untuk melindungi ponsel dari segala benturan, Samsung melapisi sisi depan dan belakang Galaxy Note 20 Ultra dengan kaca pelindung baru Gorilla Glass Victus.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X