Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menjadwalkan Rapat di Zoom Meetings via PC dan Smartphone

Kompas.com - 13/08/2020, 20:10 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selama masa pandemi covid-19 ini masyarakat lebih banyak melakukan aktivitasnya secara virtual, apalagi mereka yang bekerja dari rumah dan harus tetap melakukan tatap muka.

Ada banyak aplikasi video telekonferensi tersedia, yang populer adalah Zoom Meetings. Meski sempat menuai kontroversi soal keamanan data pengguna, aplikasi ini tetap menjadi pilihan untuk melakukan rapat virtual.

Nah, untuk memberikan kemudahan agar rapat tidak terlambat atau "ngaret", Zoom dibekali dengan fitur "Schedule Meeting".

Seperti namanya, fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk membuat atau menjadwalkan  rapat virtual dengan waktu dan durasi yang telah ditentukan.

Menariknya, Anda bisa menggunakan fitur ini baik melalui desktop (PC/laptop) atau mobile (smartphone).

Berikut ini adalah cara untuk menjadwalkan sebuah rapat virtual lewat Zoom, baik lewat PC maupun smartphone berikut, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari HowToGeek, Kamis (12/8/2020).

Lewat PC

Untuk menjadwalkan sebuah pertemuan di aplikasi Zoom versi desktop, Anda sejatinya perlu mengunduh (download) dan memasang (install) aplikasi Zoom di PC Anda masing-masing. Aplikasinya bisa diunduh di tautan berikut.

Setelah berhasil dipasang, buka aplikasi Zoom, masuk menggunakan akun yang sudah dibuat (bisa akun Google), dan klik ikon "Schedule" yang terpampang di sebelah kiri tampilan utama.

Cara menjadwalkan rapat via Zoom Meetings versi PC.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara menjadwalkan rapat via Zoom Meetings versi PC.
Beberapa saat kemudian, Anda akan disodori dengan sebuah jendela pengaturan ruangan virtual Zoom yang akan dibuat.

Baca juga: Zoom Tambal Celah Keamanan yang Bisa Kirim Undangan Rapat Palsu

Di halaman ini, Anda bisa memberi nama ruangan, mengatur waktu dan durasi meeting, membuat "Meeting ID" dan kata sandi (password), menonaktifkan video partisipan, menyimpan jadwal pertemuan di Google Calendar, dan lain sebagainya.

Perlu dicatat, pengguna Zoom gratis (Basic) hanya bisa menggelar rapat virtual dengan durasi 40 menit saja.

Apabila ingin melebihi durasi tersebut, maka Anda harus merogoh kocek untuk meng-upgrade akun ke versi Pro, Business, atau Enterprise.

Kembali lagi ke pengaturan ruangan, untuk keamanan, Anda bisa memberikan tanda centang pada opsi "Enable Waiting Room" yang berada di bawah menu "Advanced Options".

Dengan begitu, Anda perlu melakukan moderasi untuk menyutujui siapa saja yang akan masuk ke dalam ruangan meeting Anda.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com